Berbagai versi 7 Keajaiban Dunia (Bagian I)

Malam teman,

Beberapa waktu lalu theYC pada acara The Youth Corner variety radio show nya sempat membahas mengenai 7 keajaiban dunia versi baru. Hah...? Versi baru? Mungkin ada beberapa dari kalian yang (sekali lagi mungkin...) tidak atau belum tahu mengenai 7 keajaiban dunia. Mungkin bagi yang sudah tahu selama ini dari buku pelajaran, RPUL, peta, atlas, maupun yang dibilang oleh guru bahwa ada yang namanya 7 (tujuh) keajaiban dunia, dan Borobudur termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia tersebut.
Aerial view Candi Borobudur

Jujur aja, semenjak dari SD theYC sih percaya-percaya aja. Gimana enggak, di RPUL aja juga tercantum! Hal ini juga sempat bikin theYC banggaaa banget dengan Indonesia karena memiliki peninggalan arsitektur bersejarah yang diakui dunia. Tapi... semenjak beberapa bulan lalu theYC juga sempat terkejut ketika membaca artikel di salah satu koran harian Bali yang aman disana dikatakan bahwa 7 keajaiban dunia memiliki versi yang baru, dan Borobudur tidak termasuk di dalamnya? What?? Yang bener? Koq bisa? Semenjak itu theYC jadi penasaran dengan kebenaran dari The New 7 Wonders of The World dan mulai melakukan penyelidikan (cieee... sok detektif niy).

Berarti 7 Keajaiban Dunia itu bohong?

Pada dasarnya sih 7 Keajaiban Dunia yang selama ini kita tahu adalah memang benar. Tapi tidak sepenuhnya benar. Lho, bagaimana kenken maksudnya ini? Yang dimaksud dengan Keajaiban Dunia adalah segala bentuk peninggalan bersejarah umat manusia dalam bentuk fisik arsitektur dan/atau bangunan yang tersebar di seluruh dunia. Berdasarkan informasi yang kita rangkum dari web UNESCO, ternyata mereka memiliki program yang telah mencatat sebanyak 851 situs di dunia ini yang terangkum ke dalam 'Situs Peninggalan Sejarah Dunia' alias 'World Heritage Sites'.

Jadi sebenarnya tidak ada badan resmi atau presidennya dunia yang benar-benar secara mutlak menetapkan 7 Keajaiban Dunia. Terdapat beberapa versi mengenai 7 Keajaiban Dunia, dan tidak semuanya adalah benar dan/atau mutlak. Siapa saja bisa membuat versi 7 Keajaiban Dunia, bahkan kamu sendiri juga bisa mempunyai versi buatanmu sendiri!

Kenapa musti 7 sih?

Berdasarkan dari berbagai sumber sih, sedari dulu angka 7 sudah dikenal oleh banyak orang sebagai angka yang misterius, keramat, dan memiliki arti khusus di berbagai tempat dan suku. Maka dari itulah angka 7 tetap dipertahankan di berbagai versi 7 Keajaiban Dunia.

Trus versi siapa yang benar?

Seperti yang sudah theYC bilang tadi, tidak ada satupun versi yang paling benar atau paling mutlak. Karena memang tidak ada badan resmi dunia yang menetapkan mengenai hal tersebut. Tapi... 7 Keajaiban Dunia dulunya memang punya sejarah.

Awalnya pada literatur dunia diketahui bahwa sejarah 7 Keajaiban Dunia dimulai dari Herodotus (484-425 SM), lalu dilanjutkan oleh Callimachus dari Cyrene (305-240 SM) di Museum Alexandria, dan Antipater dari Sidon (tidak diketahui masa hidupnya) yang pada tahun (140 SM) telah menuliskan 7 keajaiban dunia dalam bentuk puisi. Namun sayangnya tulisan mereka tersebut tidak bertahan lama dan hanya sebagai referensi saja. Wuih kebayang gak pada jaman itu mereka sudah mengakui dan mengagumi peradaban manusia. Pada saat itu dan hingga yang kita kenal, 7 Keajaiban Dunia merupakan daftar peninggalan yang paling bersejarah dari bangunan-bangunan di sekitar lautan Mediteranian. Berikut ini adalah daftar klasik yang asli :

Seven Wonders of the Ancient World
7 Keajaiban DUnia versi orisinil dunia
1) The Pyramids of Egypt
(2650-2500 SM)
2) Hanging Gardens of Babylon (built by Nebuchadnezzar II) (600 SM)
3) Temple of the Greek Goddess Artemis at Ephesus (550 SM)
4) Statue of the Greek God Zeus at Olympia (435 SM)
5) Marble Tomb of King Mausolus Halicarnassus (351 SM)
6) Colossus of Rhodes (Statue of Greek God Helios) in Aegean Sea (292 -280 SM)
7) The Pharos (Lighthouse) at Alexandria, Egypt (300 SM)

Namun amat sangat disayangkan dari ketujuh daftar tersebut hanya Piramid Giza di Mesir saja yang masih utuh hingga di jaman modern ini. Selebihnya sudah luluh lantak (wuih bahasanya bo') akibat dari bencana alam dan peperangan.

Berikut ini adalah daftar 7 Keajaiban Dunia yang kemudian dibuat dan dikompilasi pada saat Abad Pertengahan atau dapat dikatakan dafatar lanjutan yang dibuat setelah masa abad pertengahan.

Seven Wonders of the World

(Compiled during the Middle Ages)
7 Keajaiban Dunia versi setelah Abad Pertengahan

1) The Colosseum of Rome
2) The Catacombs of Alexandria, Egypt
3) The Great Wall of China
4) Stonehenge on Salisbury Plain, England
5) The Leaning Tower of Pisa
6) The Porcelain Tower of Nanking, China
7) The Mosque of Saint Sophia at Constantinople (now Istanbul)

Situs tersebut di atas merupakan situs yang paling umum disebutkan, dan beberapa situs di bawah ini juga disebutkan dalam versi yang berbeda:
• Abu Simbel Temple, Egypt
• Angkor Wat, Cambodia
• Aztec Temple, Tenochtitlan, Mexico
• Banaue Rice Terraces, Philippines
• Borobudur Temple, Indonesia
• Inca City of Machu Picchu, Peru
• Mayan Temples, Tikal, Guatemala
• Moai Statues of Easter Island, Rapa Nui, Chile
• Mont-Saint-Michel, Normandy, France
• Throne Hall of Persepolis, Iran
• Parthenon, Athens, Greece
• Petra (Rock-Carved City), Jordan
• Shwedagon Pagoda, Myanmar
• Taj Mahal, Agra, India
• Temple of the Inscriptions, Palenque, Mexico


Bersambung... ^_^

1 comment: