Berbagai versi 7 Keajaiban Dunia (Bagian III - habis)

Nah pada bagian terkahir ini, theYC ingin bagi-bagi informasi tentang 7 Keajaiban Dunia versi baru yang sempat bikin heboh banyak media!

Versi baru 7 Keajaiban Dunia!

Berita paling mengejutkan adalah dengan dipilihnya 7 situs baru yayng masuk ke dalam daftar 7 Keajaiban Baru Dunia. Kenapa sampai bisa bikin heboh sih? Karena tiba-tiba saja ada versi baru dari 7 Keajaiban Dunia yang dipublikasikan secara besar-besaran, dan menurut si pembuatnya diklaim sebagai "pemilihan dengan voting mendunia / global pertama yang pernah dilakukan". Namun benarkah situs-situs yang telah dipilih melalui voting tersebut adalah resmi 7 keajaiban dunia yang baru? Hey... tunggu tunggu... voting? Yup, ternyata pemilihan 7 keajaiban dunia yang baru ini dipilih melalui voting lho! Berarti tidak jauh beda dengan pemilihan instan idol yang lagi marak dong?

Dalam web resminya di www.new7wonders.com dipaparkan semua tentang 7 keajaiban dunia yang baru. Dan ternyata 7 keajaiban dunia yang baru ini juga bukan pemilihan mutlak yang benar-benar dipilih oleh dunia. Namun dalam web tersebut digembor gemborkan bahwa pemilihan ini adalah merupakan pemilihan secara global pertama yang dilakukan dunia! WOW, sehebat itukah? Tidak juga, itu merupakan ekspos promosi yang gampang dilakukan di dunia Barat sana.

Siapa sih yang mengadakan pemilihan ini?

Kenyataannya pemilihan ini diselenggarakan oleh sebuah badan independen bernama NewOpenWorld Foundation. Badan independen ini berdiri pada tahun 1999 oleh Bernard Weber, seorang pembuat Film dari Kanada kelahiran Swiss, penulis, dan petualang. Setelah delapan tahun berjalan kemudian badan ini telah memiliki daftar 200 kandidat 'Keajaiban Dunia' buatan manusia yang mendapat embel-embel "Wonder" alias "keajaiban". Badan ini berdasarkan pada Heidi-Weber-Museum di Zurich, Switzerland. Menurut si empunya sih bahwa badan tersebut ingin memastikan bahwa

"everybody can decide what the new seven wonders should be and not some government, not some individuals, not some institutions."
NewOpenWorld Foundation dengan kampanyenya melalui 7 Keajaiban Dunia yang baru ini katanya sih memiliki motto "OUR HERITAGE IS OUR FUTURE" untuk mendokumentasikan dan konservasi dari monumen-monumen di seluruh dunia. Kampanye dilakukan melalui film, televisi, Internet dan buku. Sedangkan pemilihan 7 Keajaiban Dunia yang baru dilakukan melalui voting terhadap 21 Finalis yang telah ditetapkan pada Januari 2006 lalu, dan voting dilakukan via SMS, telepon, dan voting online melalui internet. Menurut kabar sih katanya voting yang sudah dilakukan berhasil menebus angka lebih dari 100 juta suara dari seluruh dunia. Wow!

Menurut sumber dari web resmi new7wonders dikatakan bahwa 50% dari keuntungan bersihnya akan dipergunakan untuk mendanai proyek dokumentasi dan konservasi (termasuk renovasi) bangunan bersejarah di seluruh dunia.

07 07 07

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Apa yang hebat sih dengan angka 07 07 07? Terdengar aneh dan berbau mistis? Enggak juga sih, tapi memang bagi Bernard Weber angka tersebut memiliki arti khusus dan spesial. 07 07 07 berarti 7 Juli 2007, yang mana pada hari Sabtu tersebut telah dilakukan acara megah peluncuran 7 Keajaiban Dunia versi Baru yang dilaksanakan di Lisbon, Portugal.

Pada tanggal tersebut diumumkan pemenang... hmm lebih tepatnya sih 7 situs yang akhirnya dinobatkan menjadi 7 Keajaiban Dunia yang baru versi dari Bernard Weber. Seluruh pemenang tersebut adalah sama dan tanpa embel-embel rangking atau nilai.

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketNah, kenapa pada tanggal tersebut cukup heboh, adalah karena acara pengukuhan 7 Keajaiban Dunia yang baru tersebut dimeriahkan oleh berbagai artis-srtis terkenal dunia semacam Jennifer Lopez dan juga dihost oleh Hilary Swank, Ben Kingsley dan aktris papan atas Bollywood Bipasha Basu.

Trus siapa pemenangnya?


Tadaaa... inilah situs - yang katanya berdasarkan hasil voting global dunia - telah berhasil memegang gelar 'Keajaiban Dunia' yang baru versi Bernard Weber. Situs ini berhasil mengalahkan voting terhadap 21 total Finalis lainnya.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
1) Great Wall of China (5 Sebelum Masehi – Tahun 16)
in northern China. It was created in the 5th century BC to protect the northern borders of the Chinese Empire. The Wall is the world's longest human-made structure, stretching over 6,400 km (4,000 mi).

2) Christ the Redeemer (Dibuka pada 12 Oktober 1931)
in Rio de Janeiro, Brazil. The giant statue of Jesus Christ is 38 m (105 ft) tall and weighs 700 tonnes. The statue is located at the peak of the 700 m (2296 ft) Corcovado mountain, overlooking the city of Rio.

3) Machu Picchu (c.1450)
, above the Urubamba Valley, Peru. It is a city created by the Inca Empire, located on a mountain ridge. Machu Picchu was forgotten for centuries by the outside world, however not by the locals. It was brought to international attention by archaeologist Hiram Bingham in 1911.

4) Petra (tidak diketahui tahun pembuatannya)
, in Jordan. It is famous for having many giant stone structures carved into the rock. The site was revealed to the Western world by the Swiss explorer Johann Ludwig Burckhardt in 1812, but remained accessible only to Europeans until after World War I.

5) Chichen Itza (c.600)
, on the Yucatán Peninsula, Mexico. It is a large archaeological site originally built by the Maya civilization. Chichen Itza was a major regional center in the northern Maya lowlands. Archaeological data suggest that Chichen Itza's collapse was violent.

6) Taj Mahal (Completed c.1648)
, in Agra, India. It is a white marble mausoleum generally considered the finest example of Mughal architecture. Mughal Emperor Shah Jahan commissioned it for his favorite wife, Mumtaz Mahal, and it was constructed between 1632 and 1648.

7) Colosseum (Completed 80 AD)
, in Rome, Italy. It is a giant amphitheatre located in the centre of the city, and was capable of seating around 50,000 spectators. It was constructed between 70 AD and 80 AD, and used for nearly 500 years for a variety of events.

8) Great Pyramid of Giza (Completed c.2560 BC)

PS: daftar ini dibuat secara acak dan bukan berdasarkan urutan rangking

Koq bisa ada DELAPAN pemenang?

Loh koq ada nomor 8 nya? Katanya 7 Keajaiban Dunia? Koq jadi delapan? Eit tunggu dulu! Keheranan kalian juga dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Jadi kalian bukan satu-satunya.

Setelah diumumkannya 7 pememang Keajaiban Dunia yang baru, ternyata Piramid Giza di Mesir tidak termasuk di dalamnya. Hal tersebut membuat masyarakat Mesir geram karena Piramid Giza merupakan satu-satunya situs bersejarah dari daftar yang asli yang masih utuh dan berdiri hingga sekarang. Mereka kemudian melayangkan protes besar-besaran yang akhirnya ditanggapi oleh pihak badan penyelenggara dengan menjadikan Piramid Giza sebagai pemenang kehormatan alias Honorary Candidate.

Finalis lainnya...

Nah nah... Menurut web resmi 7 wonders, situs-situs berikut akan tetap menjadi finalis resmi dari 7 Keajaiban Dunia yang baru versi Bernard Weber, karena sebagai penghormatan akan penganugrahan yang telah dilakukan oleh ribuan orang di seluruh dunia.

- The Acropolis, Greece
- Alhambra, Spain
- Angkor, Cambodia
- Statues of Easter Island, Chile
- Eiffel Tower, France
- Hagia Sophia, Turkey
- Kiyomizu Temple, Japan
- Kremlin/St. Basil, Russia
- Neuschwanstein Castle, Germany
- Pyramids of Giza, Egypt
- Statue of Liberty, USA
- Stonehenge, United Kingdom
- Sydney Opera House, Australia
- Timbuktu, Mali

Pro & Kontra

Meskipun pemilihan ini bermebel-embel 'global voting' dan memiliki banyak suporter di seluruh dunia, tapi ternyata banyak sekali terjadi pro dan kontra mengenai pemilihan ini, apa lagi di Indonesia.

Banyak sekali media yang memprotes hasil dari 7 Keajaiban Dunia yang baru ini dan banyak sekali blog-blog di seluruh dunia (ternasuk juga blogger di Indonesia) yang memprotes kegiatan ini. Alasan utama protes tersebut adalah bahwa mereka heran kenapa sih pilihan tersebut yang bisa menjadi pemenang? Alasannya apa? Banyak keanehan yang terjadi seputar voting dan pemilihan pemenang tersebut.

Nah, UNESCO sudah terlebih dahulu mengambil ancang-ancang dalam mengahadapi protes tersebut. UNESCO, bagian program budaya PBB telah menyatakan diri mereka bahwa mereka tidak menentang namun juga tidak ada hubungannya sama sekali dengan program pemilihan 7 Keajaiban Dunia versi baru tersebut.
In order to avoid any damaging confusion, UNESCO wishes to reaffirm that there is no link whatsoever between UNESCO’s World Heritage programme, which aims to protect world heritage, and the current campaign concerning “The New 7 Wonders of the World”.
There is no comparison between Mr Weber’s mediatised campaign and the scientific and educational work resulting from the inscription of sites on UNESCO’s World Heritage List*. The list of the “7 New Wonders of the World” will be the result of a private undertaking, reflecting only the opinions of those with access to the internet and not the entire world. This initiative cannot, in any significant and sustainable manner, contribute to the preservation of sites elected by this public.
Beberapa hal mencurigakan yang theYC kumpulkan dari internet dan blog menurut pendapat orang-orang adlah sebagai berikut:
  1. Satu orang hanya boleh memilih satu kali saja jika dilakukan melalui Internet, tetapi anehnya diperbolehkan memilih berulang-ulang untuk ‘keajaiban dunia’ yang sama jika voting dilakukan melalui media berbayar seperti SMS atau telepon premium. Selain itu, yang memilih melalui Internet memiliki pilihan untuk memesan ’sertifikat’ seharga $2 yang masih harus dicetak sendiri. Dan dengan memesan ’sertifikat’, pemilih secara otomatis mendapatkan satu suara tambahan.
  2. Layanan voting melalui SMS hanya tersedia untuk negara-negara berikut: Australia, China, Prancis, Jerman, Yunani, Italia, Yordania, Rusia, Spanyol, Inggris Raya, Amerika Serikat, India, Meksiko, Chile, Peru dan Brazil. Ada yang bisa melihat korelasi antara daftar ini dan keajaiban dunia yang menjadi ‘pemenang’?
  3. Di Brazil bahkan diadakan kampanye ‘pilih Kristus’ untuk memilih Patung Kristus Penebus yang dilakukan oleh beberapa operator telekomunikasi. Operator-operator telekomunikasi ini membebaskan biaya SMS yang digunakan untuk memilih Patung Kristus Penebus. Hasil akhirnya memang Patung Kristus Penebus bisa masuk ke jajaran ‘pemenang’ walaupun baru berumur 78 tahun, tingginya hanya 38 meter dan dibuat dengan menggunakan teknologi modern. Bandingkan ini dengan Candi Prambanan misalnya, yang tingginya 47 meter dan dibuat pada 11 abad yang lalu. Hal ini hanya bisa membuktikan bahwa di Brazil ada banyak pengguna telepon seluler.
Nah, bagaiman denganmu? Kamu bisa ikutan, atau kamu bisa bikin & Keajaiban Dunia versi kamu sendiri. Duh capek nih ngetik, udah dulu yah. Chaow... @theYC



Kamu harus lihat juga...

Seven Wonders of The World (Four Lists) | http://www.1728.com/page9.htm

The SEVEN WONDERS of the ANCIENT WORLD
; An educational multi-media presentation in word paintings, music, and pictures.. | http://www.howarddavidjohnson.com/sevenwonders.htm

UNESCO World Heritage List | The World Heritage List includes 851 properties forming part of the cultural and natural heritage which the World Heritage Committee considers as having outstanding universal value.| http://whc.unesco.org/en/list/

WIKIPEDIA | http://en.wikipedia.org/wiki/Seven_Wonders_of_the_World#New_Seven_Wonders

Priyadi’s Place | Changing the world, one person at a time… | http://priyadi.net/archives/2007/07/10/kontroversi-new-seven-wonders-of-the-world/

1 comment: