ZINE Creative Workshop - a review!

Fiuhh... setelah didesak, didorong, ditanyaiiin terus... akhirnya theYC ngeluari juga review acar Creative Workhsop (CW) ZINE tanggal 9 Feb 08 kemaren. Well, reviewnya agak telat cuz kita terlalu sibuk and banyak kerjaan (atau agak sedikit males aja, he he he...)
Intinya, acara CW ZINE kemarin seruuu banget. Kenapa? Karena media ZINE itu sendiri boleh jadi merupakan konsep yang lumayan baru di telinga muda mudi Denpasar. Di akhir workshop kita semua juga berkesempatan untuk bikin ZINE versi kita masing-masing (wasn't that cool!!), belum lagi kita juga dikasi kesempatan buat ngobrol bareng via teleconference alias seminar jarak jauh pake video dgn temen-temen di Universitas Hassanudin, Makasar.
Boeat kalian-kalian yg masih belum 'ngeh' juga tentang ZINE, bisa dicek lagi dong artikel theYC ttg ZINE I dan ZINE II. Tapi singkat kata, dari CW kemarin ada beberapa poin yg bisa kita highlight:
1. ZINE itu bukan nama makanan (ya iyalah...!), bukan pula bentuk media / majalah baru. Tapi lebih kepada pergerakan media independen. Yaa... seperti band lokal dgn label indie nya lah.
2. ZINE dulunya banyak ditemuin di kalangan underground & anak punk. But not anymore, karena sekarang mulai dari pujangga, punkers, sampai freeky geeks pun bisa bikin ZINE sendiri. So intinya semua bisa punya and bikin ZINE sendiri!
3. Aturan bikin & fformat ZINE adalah aturan kamu sendiri! There is no rules, and the rules is YOU!
4. Isinya berupa catatan pribadi dan semua yg ada di benak kamu. terutama lagi apa yg menjadi concern kamu, minat kamu, hobby kamu, spesialis kamu...
5. Cuman modal gunting, lem, pesil, and kertas doank
6. Biasanya cuman di FOTOKOPI aja, trus disebarin deh ke temen-temen kamu...
7. Konsepnya cuman = gunting + tempel + tulis + fotokopi...
Nah, info lebih lanjut bisa kamu hubungi mbak Ika Vantiani dari kolektivitas Peniti Pink di email penitipink at gmail.com, atau hubungi kita-kita di The Youth Corner juga bisa ^_^ di theyouthcorner.bali at gmail.com


INFO:
http://en.wikipedia.org/wiki/Zine
http://www.penitipink.blogspot.com/
http://www.zinebook.com/
http://www.musiklopedia.com/zine/
http://www.houseoffun.com/action/zines/diy.html
http://www.pdxzines.com/
http://www.venuszine.com/
http://berontakzine.com/



No comments:

Post a Comment