'Variations in Art' goes to Malang

Sekitar 30 orang mahasiswa ISI Denpasar dari jurusan Seni Lukis, yang menamakan diri mereka Angkatan Mata Air 2006 akan berangkat ke Sebatu, Malang - Jawa Timur untuk melakukan Pameran Tugas Akhir pada tanggal 23 April 2009.

Mengacu pada tema pameran yang mereka angkat yaitu Variations in Art, maka beragam aliran lukisan dipadukan dalam pameran tersebut. Beberapa diantaranya yaitu: aliran surealis, abstrak, figur hingga aliran lukisan kartun...

Hmm aliran Lukisan Kartun? Yup, aliran lukisan kartun inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari pameran tersebut. Lukisan kartun merupakan teknik melukis yang memadukan unsur/teknik menggambar kartun dengan teknik melukis di atas canvas. Konon menurut paparan Mang Gen yang merupakan salah satu mahasiswa ISI Denpasar sekaligus sebagai pelopor aliran Lukisan Kartun ini, menyatakan bahwa lukisan kartun tersebut merupakan yang pertama di Bali dan juga di Indonesia. Negara lain yang telah menerapkan teknik lukisan kartun yaitu negara Jepang. Mang Gen dan beberapa teman-temannya di ISI Denpasar mempelajari teknik lukisan kartun tersebut secara otodidak.

Teknik lukisan kartun tersebut dilakukan agar lukisan lebih mudah difahami oleh masyarakat umum. Sehingga, masyarakat tidak takut lagi untuk menikmati lukisan.
Masyarakat pada umumnya mengganggap lukisan adalah karya seni yang membutuhkan pemahaman mendalam. Sedangkan, kartun pada umumnya lebih mudah dimengerti dan dinikmati.
Sekitar lebih dari 15 buah lukisan kartun yang bertema plesetan dengan perpaduan gaya Barat dan Timur akan ditampilkan.

Bravo deh buat teman-teman ISI Denpasar, semoga pamerannya sukses.

Informasi:
Mang Gen
081 936 203 204

No comments:

Post a Comment