MINIKINO Short Film Screening n' Discussion June 2009

Minikino yang merupakan komunitas film pendek bersama dengan In-Docs bikin screening lagi niy (cihuii, setelah sekian lama tak terdengar kabar berita). Tema film pendek yang bakal diputarkan kali ini mengangkat tentang “Peran Adat dan Tradisi dalam Perkawinan”.

Rame-rame dech minggu sore tanggal 28 Juni 2009, mulai jam 3 sore datang ke Mini hall Griya Musik Irama Indah, Jalan Diponegoro no. 114 Denpasar. Pemutaran film ini terbuka untuk umum dan tentunya Gratis.

Cinta itu butuh pengorbanan, dua film yang akan diputar nantinya berbicara tentang cinta yang bergesekan dengan adat daerah masing-masing. Berikut resensi singkatnya:


“Bride Kidnapping in Kyrgyzstan”
Durasi 51 menit
Bahasa Rusia/Kyrgyz dengan subtitle Indonesia
Sutradara Petr Lom

Kairgul menunggu bus sekolah. Dia tidak mencurigai laki-laki yang berdiri di trotoar, yang dalam sesaat mendorongnya masuk ke mobil dan menculiknya. “Saya tidak mau terlambat sampai di sekolah”, teriak Kairgul. “Sekolahmu sudah usai”, jawab laki-laki. Di Kyrgyzstan, pecahan Uni Soviet, para lelaki menculik perempuan bila mereka tidak bisa membayar mahar. Separuh perkawinan di sana disertai oleh penculikan yang hanya dikehendaki pihak laki-laki. Kadang penculikan berakhir tragis dengan kematian pihak perempuan.

“Uang Naik“

Durasi 28 menit
Bahasa Indonesia dengan dialek Bugis/Makassar
Sutradara Ulfiani

Menikah bukanlah hal yang mudah, karena bermodalkan cinta tidaklah cukup! Mengangkat kisah Rio, pemuda Makassar, yang gagal menikah dengan kekasihnya akibat tidak dapat memenuhi kewajiban ‘Uang Naik’ sesuai keinginan keluarga kekasihnya.

Info:
Griya Musik Irama Indah
Jl. Diponegoro no. 114, Denpasar
tel/fax : +62361 226886 | +62361 237567
Email : info@minikino.org | info@iramaindah.com

No comments:

Post a Comment