Future plan KISARA : Klinik Remaja (Youth Clinic)

Kemarin (Minggu, 07/04/2008) KISARA ngadain acara temu bareng dengan beberapa komunitas remaja buat ngebahas tentang future plan mereka untuk buat Klinik Remaja pertama di Bali (iYouth Clinic). Gathering yg berlangsung selama 2 jam dari pukul 14.00 sampai 16.00 WITA itu diikuti oleh beberapa remaja anggota KISARA dan juga dari perwakilan remaja dari komunitas lainnya (termasuk The Youth Corner juga dong!).

Intinya, mereka mengharapkan dari pertemuan itu mendapatkan masukan dan pendapat mengenai Klinik Remaja yg akan segera dibangun, dan terutama lagi Pelayanan apa saja yg harus terdapat di klinik tersebut. Agar tepat sasaran, maka dilangsungkanlah pembahasan dan brain storming bareng untuk nentuin pelayanan apa saja yg tepat sasaran untuk remaja di Bali, fasilitas apa saja yg harus terdapat nantinya, serta beberapa elemen tambahan yg harus ada nantinya.

Usaha yg dilakukan KISARA tersebut kami rasa udah tepat. Karena ibarat menelurkan produk baru, tentunya terlebih dulu harus dilakukan riset pasar agar tepat guna dan tepat sasaran. Namun akan lebih baik lagi jika kuisioner tersebut nantinya juga disebarkan ke Sekolah-sekolah SMU dan Universitas agar ekspektasi lebih mendekati realitas dibandingkan hanya sekadar idealis imajiner.

Simpulan sementara dari kumpul-kumpul kemarin siang adalah :
1. Nantinya Youth Clinic ini akan berfungsi sebagai all-in-one solution place bagi para remaja di Bali (khususnya denpasar dan sekitarnya) yang sedang mengalami permasalahan dan ingin mencari tahu solusi dan cara penanganannya.

2. Youth Clinic nantinya bakal nyediain Konseling khusus remaja seputar permasalahan remaja, Psikis/mental, hubungan antar remaja, dan kesehatan reproduksi seks remaja.

3. Menjadi pusat informasi dan edukasi seputar pelayanan kesehatan dan edukasi kesehatan menyeluruh remaja (Medis & Psikis)

4. Bakal nyediain pelayana medis buat ngobatin permasalah kesehatan kamu-kamu, dari yg penyakit kecil-kecil, penyakit menular seksual, hingga ke masalah HIV/AIDS

5. Bakal ada fasilitas pendukung seperti ruang konseling yg privacy, ruang pelayanan medis, kantin/cafe buat nongkrong-nongkrong (nah ini nih perlu banget, he he), ruang tunggu dengan TV dan radio (duh maunya!), serta perpustakaan dengan fasilitas internet (umm yummy).

6. Bakal kerjasama dengan berbagai komunitas remaja serta bekerja sama dengan sekolah-sekolah, agar pendekatan ke remaja-remaja lebih menyeluruh dan lebih kena sasaran lagi

Nah sekaarang giliran kamu-kamu! Andaikata di Bali nantinya bakal ada satu tempat dimana kamu para remaja bisa konsultasi segala masalah kamu (terutama masalah psikis dan kesehatan), yg seperti apa sih yg kamu mau? Pelayanan apa aja yg harus ada? Dan fasilitas apa aja yg harus ada? Respon ke kita-kita sesegera mungkin yah... bisa di blog ini atau email ke theyouthcorner at gmail.com

Salam.

No comments:

Post a Comment