Hari Tanpa Rokok Sedunia 2008

Tepat pada hari ini, 31 Mei 2008, World Health Organization menetapkan hari ini sebagai Hari Bebas Rokok Sedunia atau 'World No Tobacco Day'. WHO melalui kampanye ini mengajak pemerintah negara di seluruh dunia untuk melindungi lebih dari 1,8 triliun remaja di seluruh dunia dar pengaruh rokok dengan melarang segala bentuk promosi,sponsor dan iklan rokok. Sekaligus juga mengajak siapapun itu, khususnya para remaja, untuk mulai mengurangi dan (kalau bisa) untuk berhenti merokok.

Kampanye tahun ini lebih memfokuskan pada fakta bahwa perusahaan-perusahaan rokok di seluruh dunia telah mengeluarkan jutaan dolar untuk menarik konsumen muda untuk mencoba produk mereka melalui promosi pemasaran yang gede-gedean. Bayangin aja kalau uang ber jut jut itu bisa dialihkan untuk pendidikan atau kesehatan...

Nah, menariknya disini dikatakan juga bahwa perusahaan-perusahaan tersebut telah melakukan berbagai cara melalui strategi promosi produk mereka dengan menciptakan kesan yang salah dari pengknsumsian rokok yang diidentikkan dengan glamour, energy dan sex appeal. Wuih, kebayang nggak tuh kalau salah satu dari kalian mulai merokok karena terpengaruh dari efek buruk iklan tersebut.

Sudah sebulan penuh ini,dan tentunya berpuncak pada hari ini, berbagai negara di dunia melakukan berbagai aksi dan acara dalam rangaka kapanye Hari Bebas Rokok Sedunia. Sebut saja Amerika, Bahama, Bangladesh, India, Australia, Kanada, dan masih banyak negara lainnya termasuk juga Indonesia.

Nah, di Bali sendiri perayaan Hari Bebas Rokok Sedunia ini bakal digelar oleh Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Dengan hanya membayar biaya masuk sebesar Rp 25.000 saja kalian sudah bisa mengikuti berbagai kegiatan yang salah satu diantaranya adalah Talk Show mengenai 'World No Tobacco Day', tentang kesehatan,dan lain sebagainya. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai dari pukul 09.00 WITA sampai selesai.
SO guys, kalau mau tahu segala tentang kampanye Hari Bebas Rokok Sedunia dari WHO ini, apa saja kegiatannya di seluruh dunia, langsung aja cek di...
http://www.who.int/tobacco/wntd/2008/en/index.html
atau di...
http://www.who.int/tobacco/tobacco_free_youth/home.html

No comments:

Post a Comment