Short Surfing Lesson : Teknik & Tips 1

Sebelum kamu baca artikel ini ada baiknya kamu cek dulu artikelku sebelumnya tentang Short Surfing Lesson : Pengalamanku. Sebelum praktek langsung ke pantai untuk surfing beneran, kami diberi pengarahan dulu oleh pelatih ProSurf yang dah jago surfing. Setelah pemanasan sekitar lima menit untuk melemaskan tubuh, pelatih surfing memberikan penjelasan tentang papan surfing, jenis-jenis angin dan ombak, teknik-teknik paddle hingga teknik surfing. Aku mau berbagi informasi nih tentang belajar surfing khususnya bagi pemula.



1. Pastikan kita telah memakai pakaian yang nyaman dan aman untuk surfing. Maksudnya, yang tidak membatasi gerakan tubuh kita dan pastikan juga gak kedodoran (kebesaran) biar nantinya gak lepas tatkala surfing (bisa tengsin donk, maunya bergaya keren-keren eee malah malu-maluin, hehee).

Photobucket

2. Yang harus kita lakukan sebelum surfing adalah warming up ato pemanasan dulu biar badan dan otot-otot kita tidak shock dan kram nantinya. Pemanasan gak perlu lama-lama, lima menit saja sudah cukup asalkan kita melakukannya dengan sungguh-sungguh dan benar. Maksudnya, gerakan pemanasan harus benar-benar dilakukan oleh seluruh bagian tubuh mulai dari bagian kepala hingga ujung jari kaki kita.



3. Pastikan juga untuk melindungi kulit kita dengan lotion tabir surya (UV protection), bukan hanya biar kulit kagak menghitam aja, tapi juga buat jaga-jaga dari pengaruh sinar matahari yang berlebihan ke kulit kita. Lotion UV protection bukan hanya buat cewek lho, para cowok juga penting memakai lotion UV protection buat perlindungan kulitnya.



4. Kita kudu mengenal dan mengetahui keadaan pantai sebagai areal surfing kita nanti.

a. Kalo kita surfing di pantai umum, akan ada bendera khusus sebagai tanda untuk areal yang boleh untuk surfing dan areal yang khusus untuk berenang saja. Tanda untuk batasan surfing yang diperbolehkan agar tidak terlampau ke laut lepas juga ada, lifeguard atau penjaga pantai akan memastikan para surfer untuk mematuhi tanda-tanda tersebut demi keselamatan kita. Tanda-tanda bendera pembatas tersebut akan berubah-ubah sesuai dengan pasang-surut pantai dan arah angin, untuk itu kita harus jeli memperhatikannya.

b. Berhati-hati dengan batu karang yang ada di pantai, karena bisa sangat berbahaya bagi para surfer. Papan surfing kita bisa rusak apabila berbenturan dengan batu karang, dan terlebih lagi badan kita bisa terluka. Karena itu, kenali dulu betul-betul pantai tersebut.


c. Perhatikan pula pola dan arah angin pantai pada saat itu. Pola dan arah angin akan menentukan pola dan jenis-jenis ombak, nah kita kudu jeli memperhatikan angin dan ombak buat mendukung surfing kita. Ombak yang bagus buat surfing adalah ombak yang tidak pecah, yaitu ombak yang bergulung-gulung dan tidak lekas menjadi buih. (maaf guys, pelajaran mengenai angin dan ombak gak aku dengarkan dengan baik soalnya sambil sedikit ngantuk, hehee maaf ya tar aku tanya lagi deh ma para surfer ato ke magicwave)


5. Surfing kudu pake surfboard, kalo nggak… namanya renang gaya bebas (hehee). Makanya, make sure kita dah ada surfboard sebelum nyemplung ke pantai buat surfing. Surfboard terdiri atas permukaan atas yang terdiri dari bagian depan atau disebut juga nose/hidung, badan board, ujung belakang board yang terdapat tali pengaman atau disebut juga leash serta pada bagian bawah board terdiri atas sirip/fin untuk menjaga keseimbangan. Surfboard terdiri atas beragam ukuran, bentuk dan desain. Surfboard pada umumnya terbuat dari polyurethane foam dan fiberglass, adpula yang terbuat dari kayu serta dari carbon sehingga menjadi ringan. Bagian permuakaan/deck board harus dilapisi wax untuk memudahkan kita berdiri diatas papan. Macam-macam surfboard diantaranya yaitu:

a. Longboard, disebut juga Malibu Board. Ukurannya sekitar 8 – 14 kaki. Keunggulan dari longboard ini adalah kestabilan untuk mengapung dan keseimbangan dipermukaan air. Untuk itulah longboard sangat cocok untuk digunakan oleh surfer pemula. Longboard mempunyai kestabilan untuk menjaga keseimbangan dan memberikan daya dorong bagi surfer sewaktu berada diatas ombak. Versi dari longboard ini diantaranya adalah jenis Tri-Fin atau yaitu longboard dengan tiga buah sirip yang akan memberikan ekstra keseimbangan. Ada pula jenis longboard The Gun yang panjangnya sekitar 9 – 12 kaki, kelebihannya yaitu memberikan kenyamanan dan kestabilan ketika paddle (mengayuh untuk mencari ombak ke tengah pantai) dan kestabilannya ketika meluncur diatas ombak. Ada pula versi The 2+1 Longboard merupakan versi longboard yang sirip atau fin board dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan mempunyai daya manufer yang sangat hebat.

b. Funboard, disebut juga midsize board, yaitu surfboard dengan ukuran antara longboard dan shortboard. Funboard dapat dikatakan sebagai happy medium size board karena bisa menjadi pilihan alternative bagi para surfer yang “ragu” untuk menggunakan longboard maupun shortboard (hehee…. Nyari amannya aja ya jack ^_^).


c. Shortboard, merupakan surfboard yang sering digunakan oleh para surfer professional karena mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi dan membutuhkan keahlian khusus untuk mengendalikan kestabilan dan keseimbangannya ketika diatas ombak . Panjangnya sekitar 6 – 7 kaki, dengan ujung/nose yang tajam dan memiliki ekor bulat ataupun persegi, serta biasanya memiliki 3 buah sirip namun adapula yang hanya memiliki 1 sirip bahkan hingga 6 buah sirip.


d. Bodyboard merupakan bentuk lain dari dari surfboard. Bodyboard biasanya pendek dan sangat ringan karena didalamnya terbuat dari dow/polyethylene, arcel, polypropylene yang dilapisi oleh plastic serta busa/foam lembut. Bahan pembuat bodyboard ini sangat sesuai untuk surfing di air dingin dan tidak mudah untuk membengkok/melengkung. Apabila papan terlalu mudah dan terlalu sedikit membengkok/melengkung maka akan mengurangi kecepatan. Oleh karenanya, bodyboard cocok pula untuk pemula yang masih belum cukup stabil mengapung dan menyesuaikan kecepatan daya dorong ombak. Biasanya tali pengaman bodyboard panjang dan dipasang di tangan surfer, namun adapula yang dipasang di kaki. Bodyboard biasanya tanpa sirip/fin untuk memberi kebebasan untuk bergerak, namun kita harus ekstra menjaga keseimbangan tubuh. Walaupun demikian, bodyboard sangat nyaman untuk digunakan karena lebih ringan dan fleksible. Sehingga cukup aman apabila kita terjatuh dari papan, maka kita tidak akan terluka oleh papan.


Next... Short Surfing Lesson : Teknik & Tips 2 Photobucket

No comments:

Post a Comment