Kertalangu Fotografer Day - Workshop dan Lomba Foto

Proses pembelajaran yang sangat efektif saat ini adalah belajar dengan pendekatan kreativitas, diskusi kelompok intensif serta berada dalam lingkungan menyenangkan dan dekat dengan alam terbuka. Pembelajaran seperti ini merangsang otak kanan dan otak kiri bekerja seimbang serta akan melahirkan generasi muda yang mandiri dan kreatif.

Sinopsis Proposal

Bertitik tolak dari keunggulan pembelajaran yang kreatif tersebut, dunia fotografi yang kini sedang diminati remaja dan dewasa, sangat memerlukan satu wadah pembelajaran yang menyenangkan, asyik, tidak menjemukan dan berada di luar yang bernuansa alam. Penggabungan metode pembelajaran ini, diharapkan dapat terwakilkan dengan acara,’’Kertalangu Fotografer Day’’. Harian Umum Denpasar Post (DenPost) ingin mengembangkan satu konsep pembelajaran fotografi yang menggabungkan konsep tersebut. Mengungkap teori, mempelajari praktik serta lomba dengan memanfaatkan suasana pedesaan yang ada di Desa Budaya Kertalangu. Kemudian menggabungkan kemampuan teknologi informasi yang kini mesti dikuasai generasi muda.

Desa Budaya Kertalangu yang berada di Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur ini, secara topografi ada di tengah kota. Namun, Desa Budaya Kertalangu merupakan satu konservasi alam dan budaya yang telah mendapat pengakuan dari Pemerintah Kota Denpasar dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Denpasar No 25 tahun 2008 tentang penetapan Desa Budaya Kertalangu Kecamatan Denpasar Timur sebagai Desa Budaya, yang merupakan kawasan yang harus dilestarikan dan dikembangkan menjadi kawasan hijau, dilindungi dan mengembangkan budaya masyarakat. Oleh karena itu, posisinya di tengah kota, mudah dijangkau, serta alamnya yang masih alami, dengan hamparan sawah, kerajinan gerabah, ukiran, usaha lilin dan gelas, memberikan satu keunikan yang bisa digali dalam proses pembelajaran praktik dan lomba foto.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam jaringan Face Book (FB) akan dilakukan pembelajaran secara berlanjut dalam satu komunitas group ‘’Kertalangu Club Foto’’. Lomba foto aka dipandu melalui FB, sampai akhirnya menentukan juara pada awal April 2009.
workshop diberikan oleh fotografer Bali Post, Iwan Darmawan yang telah berpengalaman sebagai fotografer berita selama 13 tahun. Dan akan mengajarkan kiat2 menguasai kamera digital dan membuat foto kreatif.

Peserta dibuka untuk SMP dan SMA se-Bali yang ingin mempelajari fotografi yang lebih mendalam, asyik dan juga menyenangkan. Demikian juga bagi mereka yang terlibat dalam penerbitan sekolah, pelatihan seperti ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas foto dan penerbitan sekolah yang kini berkembang dengan pesat.


Kreteria Workshop dan Lomba Foto



‘’Kertalangu Fotografer Day, Workshop dan Lomba Foto’’

‘’Fotografi, Asyik dan Menyenangkan’’



Peserta:

Peserta: Pelajar SMP dan SMA se-Bali

1. Peserta dapat mewakili sekolah atau secara pribadi

2. Tiap peserta membayar kontribusi Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah)

3. Masing-masing peserta mendapat snack 2 kali, makan siang satu kali dan piagam workshop dari panitia bersama Kadis Kebudayaan Kota Denpasar.

4. Peserta yang mewakili sekolah, kolektif 5 orang atau kelipatannya mendapat diskon 10 persen.

5. Peserta yang mewakili sekolah harus melampirkan surat penugasan dari sekolah.

6. Tiap orang peserta membawa satu kamera digital tipe apa saja.



Pendaftaran Peserta:

Pendaftaran peserta dilaksanakan di:

Kantor Harian DenPost

Kompleks Gedung Pers Bali Ketut Nadha (BaliTV)

Jalan Kebo Iwa 63A, Padangsambian Kaja, Denpasar

No Telepon: (0361) 416669, 416665



Pelaksanaan

Workshop dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Sabtu, 14 Maret 2009

Waktu : Pukul 08.00 – 17.00 Wita

Tempat : Desa Budaya Kertalangu



Lomba yang dipandu Face Book (FB) dilaksanakan dalam rentang waktu, 15 Maret sampai 4 April 2009.



Pengumuman Lomba Foto akan dilaksanakan pada 4 April 2009 di Desa Budaya Kertalangu. Pukul 08.00 sampai selesai.



Juara Lomba Foto

1. Diakhir workshop, sambil praktik, akan diadakan lomba foto dalam panduan FB di internet. Juara yang diperebutkan Juara I, II dan III.

2. Tiap pemenang lomba masing-masing mendapatkan:

a. Piala Tetap

b. Hadiah

c. Piagam

Sumber Info event:
(http://www.facebook.com/home.php?#/event.php?eid=54514224535&ref=nf)

1 comment: