Silent is Cool

World Silent Day (WSD) merupakan kampanye yang terinspirasi dari tradisi hening/Nyepi selama 24 jam di Bali.

Nyepi dimaksudkan untuk introspeksi diri bagi manusia dan memberi waktu istirahat bagi bumi dari serbuan aktivitas manusia. Pada saat pelaksaan nyepi tersebut orang-orang berpantang untuk bepergian, bekerja dan menyalakan lampu. Bahkan lapangan terbang di Bali tutup selama 24 jam pada hari tersebut. Banyak orang tidak percaya mengenai hal ini namun juga kagum bahwa masyarakat Bali mampu mengurangi aktivitas yang menghasilkan emisi karbon selama 24 jam penuh.
Tradisi ini dtawarkan pada komunitas global sebagai solusi mengurangi emisi gas rumah kaca.


Selama lebih dari 4 miliar tahun, bumi telah memberikan semua anugerag untuk manusia tanpa henti. Apa yang telah kita berikan sebagai balasannya? Sadarkah bahwa balasan yang kita berikan lebih banyak berupa racun dan kerusakan untuk bumi? Saat ini bumi menghadapi kerusakan lingkungan, konlik sosial atas sumber daya yang kian langka dan perubahan iklim. Semuanya, disebbkn terutama oleh aktivitas produksi dan konsumsi manusia yang tidak ramah lingkungan. Manusia harus sadar bahwa bumi perlu waktu untuk memulihkan diri.


Apa yang bisa kita lakukan?

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan hening untuk mendinginkan bumi. Setiap orang dapat berpartisipasi dlam World Silent Day ini dengan melakukan pengurangan konsumsi energi serta bahan lainnya secara kreatif. Hening selama 24 jam mungkin sulit bagi masyarakat saat ini. Tetapi upaya mengurangi kontribusi emisi tetap bisa dilakukan. Misalnya seminggu sekali bersepeda ke tempat kerja atau mematikan beberapa barang elektronik.

Bagaimana kita bisa berpartisipasi dalam kampanye World Silent Day (WSD)?
Mudah saja... yang perlu kita lakukan hanya sebisa mungkin meminimalisir aktivitas yang membutuhkan banyak energi serta konsumsi sumber daya alam.
World Silent Day (WSD) dilaksanakan serempak diseluruh dunia pad tanggal 21 Maret. Kita berusaha untuk mengurangi konsumsi energi dan sumber daya alam lainnya selama 4 (empat) jam dimulai dari pukul 10 pagi hingga 4 siang hari.
Beberapa hal diantaranya yang bisa kita lakukan untuk kampanye World Silent Day (WSD) tersebut yaitu:
- berbagi pengetahuan tentang pemanasn global dalam keluarga dan komunitas
- memelihara dan menanam pohon
- membaca buku dan berdiskusi
- menggunkan sepeda atau jika menggunakan mobil lain agar bersama-sama
- hemat menggunakan air dan kurangi pemakaian air panas

Mudah bukan...??? So, yuuuk kita mulai melakukan kampanye World Silent Day (WSD) dari diri sendiri dan berusaha mengajak orang-orang disekitar kita untuk turut serta menyelamatkan bumi yang kita cintai ini.

Kalo masih banyak pertanyaan mengenai global warming dan World Silent Day (WSD) ini, bisa langsung menghubungi:
info@worldsilentday.org
bali.climatechange@gmail.com
mysilent@worldsilentday.org
www.worldsilentday.org

Jl. Penggubengan Kauh 94, Kerobokan, Kuta
Phone: 0361735321

1 comment:

  1. Yeaa...mari selamatkan Bumi ini walau dengan cara menghentikan aktifitas sehari...

    nice info niy...

    salam bwat anak2x youth corner Bali


    dari kami

    team Tanda Seru Desain

    ReplyDelete