Ciné Club Mai – Bulan Spesial Film Dokumenter

Yang ngakunya ‘movie freak’ pastinya kudu datang setiap jumat mulai jam 7.00 pm di AF Denpasar buat nonton gelaran film-film dokumenter dari Perancis ini. Bulan ini AF Denpasar sengaja memutarkan film-film spesial dokumenter karena AF denpasar bakalan mengundang sutradara film dokumenter Claude Théret untuk mengadakan "Workshop Pembuatan Film Dokumenter untuk Pemula" yang kemudian dilanjutkan dengan produksi film dokumenter bertema "Orang Perancis".

"Istilah “Dokumenter” yang dipakai Perancis untuk mendefinisikan semua film non-fiksi, pertama kali digunakan The Moviegoer di New York Sun pada tanggal 8 Februari 1929 dalam resensi film Moana"
Redaksi Alliance Française Denpasar


Tertarik ikut wokshopnya? Mau tau lebih banyak tentang film documenter dan terlibat dalam pembuatannya? Gampang, tinggal isi formulir pendaftaran yang bisa diambil di AF Denpasar atau di-download di www.afdenpasar.org. Lalu, kirimkan bersama ide cerita dengan tema “Orang Perancis”. Cukup dua (2) halaman A4 dengan 1,5 spasi saja. Bisa dikirim via Email: culture@afdenpasar.org ataupun langsung ke sekretarit AF Denpasar sebelum tanggal 30Juni 2009.
Buat menambah inspirasi kreatifmu dalam membuat ide cerita tentang “Orang Perancis”, setiap jum'at sore selama bulan Mei 2009 bisa langsung datang aja ke AF Denpasar sembari nonton cine club, GRATIS kok.

Buat referensi nonton, berikut ini resensi film documenter yang bakal diputar di AF Denpasar selama bulan Mei 2009 ini: (sumber: www.afdenpasar.org)

Jum'at 15 Mei 2009
Mondovino
karya Jonathan Nossiter

Perancis | dokumentar | 2003 | 135 min. | vfsa
Resensi:
Di balik kesopanan dan basa-basi, tersembunyi sebuah dunia yang kacau dimana kekuasaan, uang dan kecintaan pada minuman anggur menyatu.
Penghargaan yang pernah diraih:
2004 : Nominé pour la Palme d'Or au Festival de Cannes ;
2005 : Nominé pour la Catégorie Meilleur Film de l'Union Européenne aux César





Jum'at 22 Mei 2009

Invente-moi un pays
karya Catalina Vilar
Perancis | dokumentar | 2005 | 59 min. | vfsa
Resensi:
Catalina Vilar mengajak anak-anak yang belajar hidup di pengasingan di Perancis untuk membuat film fiksi pendek dengan mereka. Mereka tinggal di sebuah pusat penampungan bagi para peminta suaka di kota Melun setelah meninggalkan negara mereka yang dilanda peperangan atau situasi yang sulit. Yang terpenting bukan kenyataan dan perang-perang yang mereka alami tapi lebih pada imajinasi mereka untuk keluar dari situasi itu.


Jum'at 29 Mei 2009

On n'est pas des marques de vélo
karya Jean-Pierre Thorn
Perancis | dokumentar | 2003 | 89 min. | vfsa
resensi film:
Sebuah potret kehidupan Bouda, seorang penari hip hop muda berumur 30 tahun, yang pindah ke Perancis bersama keluarganya sejak dia berumur tiga bulan. Sekarang, sebagai pendatang gelap, dia mendapatkan dua hukuman. Setelah menyelesaikan satu hukuman di penjara, dia dikembalikan pihak imigrasi ke negara asalnya yang terasa asing baginya.



Info:
Alliance Française de Denpasar
Jl. Raya Puputan I, n° 13A
Renon - Sumerta Kelod
Denpasar 80235
Bali, INDONESIA
Tel./Fax : +62 361 234 143

www.afdenpasar.org
culture@afdenpasar.org

No comments:

Post a Comment