Hati-hati, HIV/AIDS kini mulai menyerang remaja SMP

Kami menulis judul seperti ini bukan berarti HIV/AIDS baru sekarnag ngeluarin taringnya dan menyerang remaja SMP. Malah sedari kita baru kenal virus ganas yang belum ada obatnya ini, bahkan bayi pun sudah bisa tertular. Namun kasus yang baru-baru ini beredar dan untuk pertama kalinya ditemukan di bali adalah seorang siswi SMP berumur 16 tahun yang meninggal dunia akibat terinfeksi virus HIV/AIDS. Yaiks!

Kasus termuda di Bali (so far)
Berdasarkan info dari BaliPost, kasus ini adalah kasus pertama di Bali, yang juga berarti siswi tersebut adalah kasus meninggalnya penderita HIV/AIDS termuda di Bali. Untuk tahun 2008 kemarin saja umur termuda yang meninggal akibat terjangkit virus ini adalh seorang mahasiswi berumur 19 tahun. Wah ini berarti beberapa hal: 1) mungkin saja pergaulan kita sudah sedemikian bebasnya; 2) pendidikan dan pengawasan kita terhadap remaja semakin berkurang (?); 3) atau mungkin saja masih banyak lagi siswa/i remaja yang mesih belia yang sebenarnya sudah terinveksi HIV/AIDS namun belum terungkap...
Menurut Ida Ayu Miswarihati, kasus ini disebabkan labilnya jiwa remaja sekarang terutama dalam keingintahuan mereka tentang seks.
Banyak dari mereka yang memiliki libido tinggi dan ingin coba-coba pergi ke tempat prostitusi sehingga kemungkinan besar tertular dan akhirnya menularkan pada pacarnya


Hanya membutuhkan 5 tahun saja
Uniknya lagi, menurut penuturan Sagung Anom Suryani, AMK., salah seorang konselor di VCT RS Sanglah, terkuak bahwa siswi ini sudah mencoba-coba hubungan seks semenjak umur 11 tahun! Dan kalau kita belajar sedikit tentang bagaimana HIV/AIDS ini bekerja, mungkin kalian masih ingat kalau virus ini mulai bekerja dan menampakkan gejalanya dalam kurun waktu belasan tahun. Namun dalam kasus ini, semenjak 11 tahun hingga umur 16 tahun (meninggal)... ini berarti jaraknya hanya terpaut 5 tahun saja. Fiuh, friends kita kudu ekstra hati-hati nih dengan virus yang satu ini, terlebih lagi hati-hati dengan pergaulan kita.

Sumber [Kena HIV/AIDS, Seorang Siswa SMP Meninggal], via [BaliPost]

No comments:

Post a Comment