OSIS SMA seDenpasar sampaikan ikrar bersama menjaga keajegan budaya Bali

Pada tanggal 20 Mei kemarin OSIS SMa se-Denpasar melakukan perhelatan megah di Art Center dalam rangka memperingati 101 tahu Hari Kebangkitan Nasional. Perhelatan megah yang bertajuk ‘Deklarasi Kebangkitan Budaya’ tersebut adalah yang pertama dan rencananya akan menjadi acara tahunan yang bakal bias dibanggakan oleh remaja-remaja se Kota Denpasar. Kenapa ini bakal menjadi kebanggaan para remaja? Karena perhelatan ini adalah gabungan dari sebuah acara pagelaran kesenian dan budaya serta berisikan pembacaan ikrar demi menjaga ke ajegan budaya Bali yang mereka sebut sebagai ‘deklarasi’, dan terlebih lagi kesemuanya ini dilaksanakan oleh para remaja dari A hingga Z. Nah itulah kenapa acara ini bisa menjadi kebanggaan kita para remaja. Namun, dibalik itu ada suatu misi yang harus diemban melalui deklarasi ini, sebuah janji untuk tetap menjaga keajegan budaya Bali agar tidak mudah terpengaruh akan pengaruh negatif dunia luar. Hmm… kedengaran idealis memang, pun bukan tugas yang mudah.


Dicetuskan oleh Dynamic Duo SMA Negeri 4 Denpasar
Semuanya berawal dari ide dua orang rekan kita di SMA Negeri 4 Denpasar, Surya dan Chandra (hmmm kedengaran seperti Bulan dan Matahari ya ;p). Mereka merasa bahwa sudah saatnya remaja di Bali bersatu menghadapi tantangan dan pengaruh dari dunia luar dan tetap menjaga kelestarian budaya sendiri. Ide tersebut kemudian dibicarakan melalui Forum OSIS seKota Denpasar guna menyatakan maksud dan ikrar tersebut, yang kemudian dituangkan ke dalam sebuah konsep acara pertunjukan sekaligus pernyataan deklarasi bersama tersebut. Namun, tampaknya yang kita lihat bahwa di ajang ini sekaligus juga menjadi acara aktualisasi sekolah. Hal ini karena hanya sekolah yang menyelenggarakan sajalah yang akan menyajikan acara apa saja dari kreativitas remaja remaja nya. Dan untuk kali yang pertama ini SMA Negeri 4 Denpasar beruntung untuk menunjukkan giginya.

Tema dalam 3 bahasa
Selain konsep ide dan acara yang boleh terbilang megah untuk sebuah acara yang dilakukan oleh rekan rekan setingkat SMA, ada lagi yang membuat kita tertarik… adalah temanya. Temanya sendiri bertajuk ‘Kebangkitan Jati Diri Dalam Menghadapi Era Globalisasi’. Hmm, unik... lalu apanya yang menarik? Bahwa pernyataan tema tersebut diungkapkan dalam 3 bahasa, Indonesia, Inggris, dan Sansekerta.

Persiapan hanya 3 hari saja
Percaya nggak, bahwa acara semegah ini hanya dipersiapkan dalam waktu 3 hari saja! Wohoo… Apa iya? Menurut Gung Cik yang YC temui pada sesi wawancara di dalam The Youth Radio Progrom di Paradise FM Kamis (21/5) kemarin berkata bahwa persiapan memang benar selama 3 hari
“Rencana sudah dicetuskan dari sebulan yang lalu, namun pembentukan panitia dan latihan serta pengerjaan untuk persiapan acara hanya berlangsung 3 hari saja.”


Cek video acara deklarasi, so kamu yang gak sempet datang pada saat acara bisa sedikit dapat gambaran seperti apa sih yang terjadi saat puncak acara. Cek di youtube berikut




Acaranya megah, pesertanya wah, yang hadir juga se Kota Denpasar. Salut untuk rekan-rekan kita di SMA Negeri 4 Denpasar dan untuk seluruh remaja di Kota Denpasar. Harapan kita sih, semoga deklarasi ini tidak berhenti sampai disini, dan semoga saja deklarasi ini tidak hanya berhenti menjadi kata-kata manis dan tidak ada tindak lanjutnya. Congratulation guys!

No comments:

Post a Comment