PBSF 2009: Teman baru atau saingan Pesta Kesenian Bali?

Ada satu berita baru lagi nih dari kancah pariwisata Nasional. Menbudpar Jero Wacik dalam konferensi pers di Jakarta kemarin mengatakan bahwa akan diselenggarakan suatu event promosi dan pagelaran budaya bertajuk PBSF atau Pekan Budaya, Seni dan Film untuk pertama kalinya di Indonesia. Event ini bakal pertama kali digelar di Cirebon dan akan menjadi contoh untuk juga diselenggarkan di daerah lainnya di Indonesia. Mungkinkah bakal menjadi pesaing PKB?

Wah event apa lagi nih?
Menurut beliau, event ini merupakan event kolaborasi antara pawai atau karnival, workshop, diskusi budaya, permainan tradisional anak, pameran produk budaya, pagelaran seni tari, dan berbagai kegiatan berbau budaya lainnya. Nah, katanya juga sih, event ini bertujuan menjadi wadah atau ajang mempromosikan dan mengumpulkan beragam potensi budaya Indonesia yang kaya dalam satu event. Sehingga event ini diharapakan dapat menjadi wadah bagi pengembangan industri kreatif di Indonesia.

Berarti gak ada beda dengan PKB dong?
Mungkin kita-kita yang tinggal di Bali bakal merasa ada suatu kemiripan konsep dengan PKB alias Pesta Kesenian Bali. Yup, theYC juga sempat merasa seperti itu. Karena PKB memang telah lama (sekarang telah memasuki tahun ke 31) menjadi ajang bagi wadah kreatif seni dan budaya Bali. Meski tidak berskala nasional, tapi setidaknya event PKB telah menjadi event nya dunia, karena berbagai Negara juga ikut andil dalam pawai dan event nya, pun telah diketahui berbagai orang selama bertahun-tahun.

Nah, apakah PBSF ini akan menjadi saingannya PKB di kedepannya? Karena menurt Pak Jero Wacik pula, event ini di kedepannya akan diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Untuk kali pertama ini akan diselenggarakan di Alun-alun Keraton Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan dan Keprabon – Cirebon, 15-20 Juni 2009. Mungkinkah kedepannya akan ada PBSF juga di Bali? Ataukah PBSF merupakan evolusi PKB dalam skala nasional? Mari kita tunggu saja perkembangannya… yuuk.

Informasi:
w. PBSF Bangkitkan Apresiasi Budaya
w. Official Press Release PBSF 2009

No comments:

Post a Comment