SMK Widya Mandala Badung bebaskan siswa dari uang gedung

SMK Widya Mandala di Jalan Serma Anom Puspa, Mambal kini sudah jadi sekolah pilihan utama bagi masyarakat Sibang dan Mambal, Abiansemal. Buktinya tahun ajaran ini sekolah swasta favorit itu menargetkan menerima tujuh kelas I baru (250 orang). Hal ini cukup beralasan karena sekolah ini sedang membangun ruang kelas baru.

Kepala SMK Widya Mandala Badung Drs. Gusti Ngurah Anom mengungkapkan, saat ini SMK Widya Mandala membuka dua jurusan yakni Otomotif dan Akomodasi Perhotelan (AP). Khusus AP baru dibuka dua tahun lalu. Sedangkan Jurusan Otomotif belum lama ini menamatkan 43 siswa. Sementara jumlah siswa kelas II dan III-nya kini mencapai 324 orang, 50 persen di AP dan 50 persen di Otomotif.

Dua jurusan ini diakui sangat relevan dengan kebutuhan tenaga kerja di masyarakat dalam menyiapkan tenaga ahli madya. Bengkel dan dunia otomotif di Sibang maju pesat dan memerlukan montir ahli. Ini berarti kesempatan kerja terbuka luas bagi lulusan SMK ini. Jurusan AP laris juga karena di kawsan Sibang dan Mambal banyak berdiri vila dan hotel. Bahkan, ia menolak siswanya dijadikan tenaga harian lepas oleh hotel dengan tujuan biar fokus sekolah dulu.

'Kalau sudah UN dan tamat silakan rekrut sebanyak-banyaknya,' ujar Gst. Ngr. Anom.

Sekolah di bawah Yayasan Widya Mandala dipimpin Drs. Wayan Sukadana ini tergolong mandiri. Gedung dan lahannya sudah milik sendiri. Bahkan kini sekolah ini memiliki lab lengkap otomotif dan perhotelan tempat siswa praktik.

Nah, ada diskon khusus bagi siswa barunya? Sekolah ini membebaskan siswanya dari uang gedung. Anak yatim atau piatu diberikan diskon SPP 50 persen. Jika anak yatim-piatu bebas biaya SPP. Siswa berprestasi juga diberikan bebas SPP bervariasi. Enaknya, semua siswa dapat pendidikan komputer. Bagi jurusan otomotif diberi kursus mengemudi gratis.

Gusti Ngr. Anom didampingi Wakasek Drs. Wayan Wiya Wahana Yoga, Kaur Otomotif I Made Parta, S.Pd. dan Kaur AP Gusti Agung Raka Weda, S.H. mengajak lulusan SMP di Mambal dan Sibang menentukan pilihan di SMK Widya Mandala. Apalagi kini eranya SMK untuk mencetak SDM yang siap kerja.

Sumber [Bali Post]

No comments:

Post a Comment