Bedah buku "Kehidupan & Evolusi Spiritual"





"Apa itu kehidupan?". Pertanyaan tersebut sepertinya menjadi pusat dari apa yang ingin dibahas pada gelaran acara bedah buku 'Kehidupan & Evolusi Spiritual' pada Senin, 8 Oktober kemarin. Acara bedah buku ini mengundang berbagai pendapat dari berbagai panelis seperti ahli budaya, rohaniawan dari berbagai agama, hingga ahli psikologi yang memberikan pendapat mengenai buku ini serta pendapat mengenai evolusi manusia dari segi spiritual dan ilmu pengetahuan (religion / spiritual and science). Bedah buku yang diadakan di gedung baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ini merupakan kerja sama antara Kelompok Ilmiah Hippocrates (KIH) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan Yayasan Institut Bhaktivedanta Indonesia. Terlihat bahwa antusiasme dari generasi muda khususnya pelajar cukup tinggi hingga panitia kewalahan dalan menerima permintaan tiket.

Pertanyaan belum terjawab
Meski pembahasan berlangsung cukup lama dan melibatkan cukup banyak panelis, namun tampaknya belum cukup dapat menjawab keingintahuan anak muda sekaligus menjawab pertanyaan mengenai teori evolusi dan jawaban mengenai arti kehidupan. Hal tersebut terbukti pada sesi tanya jawab dengan audience dimana beberapa diantaranya masih juga menanyakan seputar esensi kehidupan itu. Memang seperti yang dinyatakan oleh Sutarsa, ketua penyelenggara, bahwa memang tingkat kesulitan dari pemahaman buku ini memang agak di atas rata-rata sehingga memang memerlukan pemahaman lebih dan bantuan dari literatur lainnya untuk dapat betul-betul mengerti mengenai arti kehidupan dan evolusi kehidupan. Namun esensi penting dari acara bedah buku ini adalah untuk memberikan edukasi kepada generasi muda dan masyarakat berpendidikan bahwa agama dan ilmu pengetahuan tersebut adalah sebenarnya saling mendukung dan tidak terpisahkan. Dr. I Made Wardana selaku ketua Yayasan menyatakan, "Apa sih kehidupan itu? Dalam Weda dinyatakan bahwa kehidupan itu kekal, hanya badan saja yang terus berganti. Yang berevolusi dari kehidupan itu bukanlah badan kita, melainkan kesadaran kita yang berevolusi".

Ilmuwan sekaligus rohaniawan

Buku yang menjadi topik pembahasan bedah buku pada acara ini berjudul 'Kehidupan & Evolusi Spiritual'. Buku yang ditulis oleh Dr. T. D. Singh, seorang ilmuwan dengan gelar Ph. D., merupakan sebuah karya unik dalam memahami realita alam termasuk kehidupan dengan pendekatan interdisipliner dari aspek sains dan agama / spiritualitas. Beliau memberikan kesempatan untuk melihat lebih dalam tentang kehidupan secara alamiah melalui sudut pandang Vedanta. Dr. Singh memiliki kehidupan yang unik dengan menjadi seorang ilmuwan dan juga seorang rohaniawan.























Contact Info

Kalau kamu tertarik sehubungan dengan buku 'Kehidupan & Evolusi Spiritual' yang dikarang oleh T. D. Singh, Ph.D, kamu bisa menghubungi Yayasan Institut Bhaktivedanta Indonesia di email venkateshan_108@yahoo.co.id
atau kamu bisa langsung mengunjungi web beliau di www.tdsingh.net

No comments:

Post a Comment