Geebo ethnic : Balinese dolanan recycle

Morning guys,

Sabtu kemarin salah satu personil theYC dapat tugas jadi MC di salah satu acara dinner yang dilaksanakan di Angsa Putih restoran. Acara yang bertajuk 'Amazing Show Inspiration of The Night' tersebut merupakan persembahan dari Angsa Putih restoran untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda dan sebagai bentuk penghargaan terhadap para seniman Bali.

Tapi bukan dinner itu yang ingin theYC perbincangkan kali ini. Dari beberapa pertunjukan yang dilangsungkan pada acara makan malam tersebut, ada satu pertunjukkan yang membuat theYC cukup terpana. Meski theYC sebelumnya sempat skeptik dengan pertunjukan ini (karena di rundown list hanya tercantum 'song'), namun para 'penyanyi' ini cukup berhasil membuat - tidak hanya theYC - penonton terbius dengan lagu yang mereka nyanyikan. Nama mereka adalah Geebo Ethnic.

Modern meet The Gianyar ethnic instrument

Nah, apa sih yang membuat mereka semenarik itu untuk dibahas theYC? Bukan lagunya, melainkan cara mereka memainkan instrumen yang mereka bawakan dipadukan dengan lagu-lagu modern berbahasa Inggris ataupun berbahasa Indonesia dan Bali yang mereka nyanyikan. Sebuah perpaduan unik dan menyenangkan antara instrumen musik khas Bali dengan lagu-lagu modern. Lagu-lagu everlasting green yang mereka bawakan semacam Dancing Queen - ABBA dan Can't Take My Eyes of You, dan lagu Jepang Kokoronotomo terasa sangat hip dan 'baru', terasa sedikit dangdut namun terasa sangat ethnic dan Bali. Hmmm... masih belum yakin juga? Ok, bayangkan kamu mendendangkan lagu Maroon 5 dalam sebuah acara MTV Unplugged dengan diiringi alat-alat musik tradisional. Gotcha!

Mereka memang mungkin bukan yang pertama dengan konsep 'Modern meet Ethnic' seperti ini. Sebelumnya Bali juga sudah memiliki group ethnic kawakan lainnya sekelas Balawan & The Batu Ethnic Fusion dari Unud yang telah lebih dahulu memboyong Balinese Jazz Ethnic ke mancanegara. Namun apa yang membuat group Geebo Ethnic ini adalah misi di balik para pria Gianyar ini setelah theYC berbincang-bincang dengan mereka.

Dolanan Bali Recycle

Group yang ternyata bukan pemain baru ini sudah melalui 3 generasi. Dan group yang theYC saksikan ini merupakan generasi ketiga sejak dari tahun 1970an silam. Selidik punya selidik, ternyata nama Geebo Ethnic ini pertama kali diberikan oleh Guruh Soekarno Putra sekaligus sebagai pencetus berdirinya group ini (hmmm... kenapa theYC tidak tahu akan mereka yah?). Oh ya kalau Geebo terdengar aneh di telinga kalian, well, kalian bukan yang pertama. Geebo sebenarnya memiliki kepanjangan yaitu Gianyar Boys (G dalam Gianyar dieja sebagai Gee; dan Boys disingkat menjadi Bo). Group ini juga sebagai tempat pelatihan musik bagi anak-anak Gianyar. Melalui Geebo lah mereka juga dapat melatih anak-anak baru sekaligus sebagai media pencarian bakat baru untuk regenerasi.

Hal yang unik (sekaligus membanggakan) adalah Geebo memiliki misi untuk menghidupkan kembali dan melestarikan lagu-lagu daerah khas Bali yang hampir punah, terutama lagu-lagu dalam permainan anak-anak Bali 'tempoe doeloe' alias 'Dolanan Bali'. Geebo Ethnic melalui kreasinya berusaha agar anak muda dan seluruh masyarakat Bali tidak melupakan lagu dolanan Bali, dan agar masyarakat Bali dapat menikmatinya kembali dengan nuansa yang lebih 'kini'. Oleh karena itulah mereka me'recycle' ulang lagu dolanan tersebut.

Geebo Ethnic generasi ketiga ini beranggotakan 9 orang, dengan formasi Gung Wi (gitar / vokal), Gung De (gitar / bass) Gung Mayun (vokal / ukulele), Pindah (suling / kendang), Gung Man, (kendang), Tut Muja (gangsa), Gung De Putra (gangsa), Gung Wisnu (kecek), dan Gung Tut (kentuk).Ternyata (lagi!) Geebo Ethnic sebelumnya telah memiliki sebuah Album dengan nama 'Bungan Ipian' pada tahun 2004 lalu. Album mereka yang baru akan berisikan 10 track dan akan segera keluar pada kisaran bulan November depan dengan judul 'Putri Cening Ayu'. Track andalan mereka adalah lagu dolanan yang telah dipermak ulang seperti Putri Cening Ayu, Kendang Mebaung, Pitutur Bapa, dan Mellai Kecarik. Menurut theYC sih lagu-lagu yang mereka mainkan sangat enak didengarkan dan sangat menarik, sebuah perpaduan antara Bali klasik dan hentakan modern.

Selain daripada misi mereka yang sangat generous (guys, mereka sangat patut untuk dicontoh), permainan musik dan lagu mereka pun sangat layak untuk didengar. Jadi, jika kalian merasa membutuhkan mereka untuk memberikan suasana yang berbeda pada acara kalian, kalian bisa menghubungi Geebo Ethnic.

Kontak Detil

Geebo Ethnic
Kontak detil menyusul (maaf name card hilang he he)

No comments:

Post a Comment