Radiasi handphone (benarkah separah itu?)

Malam friends,

TheYC sempat sebel banget karena teman-teman kita bilang HP kita susah banget dihubungi. Memang sih HP kita kita sedang dalam kondisi yang tidak 'fit', he he. Nah karena TheYC jengah, maka dari itu TheYC memutuskan untuk beli HP baru. Tapi kata teman-teman pilihan yang mau TheYC beli ternyata tingkat radiasinya tinggi. Bener gak sih?
Karena penasaran, TheYC akhirnya mencari informasi dari beberapa web sehubungan dengan radiasi HP tersebut.

Belum ada bukti spesifik

Dalam beberapa dekade terakhir ini telah dilakukan puluhan bahkan ratusan penelitian di berbagai negara oleh peneliti untuk mengungkap perdebatan mengenai benar tidaknya radiasi HP dapat menimbulkan akibat buruk bagi kesehatan manusia. Meski dikatakan bahwa akibat dari radiasi baru terlihat setelah 10 tahun berjalan, namun belum ditemukan bukti pasti mengenai efek buruk dari radiasi HP.

The World Health Organization (WHO) mengemukakan bahwa hingga saat ini belum ada bukti pasti bahwa radiasi HP dapat menyebabkan gangguan kesehatan parah seperti kanker & tumor.

Elektromagnetik Hypersensitivity Syndrome

Mungkin beberapa efek samping yang kerap kali dirasakan dan terlihat dari pengaruh penggunaan HP adalah yang disebut sebagai Elektromagnetik Hypersensitivity Syndrome. Waduh waduh... makhluk apa pula ini? Ini merupakan istilah di dunia kedokteran yang dipergunakan untuk menjelaskan sindroma dari penggunaan HP, seperti rasa panas dan terbakar serta nyeri pada kulit dan kepala, kelelahan, gangguan tidur, penurunan konsentrasi, sakit / nyeri kepala, jantung berdegub lebih kencang dari biasanya, mual-mual, dan gangguan pencernaan.

HP apa sih yang ber radiasi tinggi?

Berikut adalah tabel produk HP dengan nilai radiasi tinggi. Eitt... bukan berarti HP tersebut buruk, namun hanya saja pada saat pengujian yang dilakukan oleh peneliti dari berbagai lembaga independen, HP tersebut lah yanng memiliki tingkat radiasi tertinggi. Lagipula merk berikut merupakan yang umumnya beredar di Amerika, karena di Indonesia sendiri belum ada penelitian spesifik mengenai tingkat radiasi HP yang beredar di pasaran Indonesia.

Sekali lagi, perlu kamu ketahui bahwa tingkat radiasi sangat berpengaruh dari output daya yang dikeluarkan dari si HP. Jadi, HP berusaha keras mencari sinyal cenderung akan mengeluarkan output daya lebih besar dan akan mengakibatkan radiasinya lebih tinggi.

Sumber : http://everythingaboutmobile.blogspot.com


Cegah Kemungkinan Radiasi

Meskipun belum ada bukti spesifik dan simpulan mengenai akibat radiasi HP terhadap penyebab timbulnya kanker & tumor, namun tetap kita harus lebih waspada akan penggunaan telepon genggam alias HP. Terutama karena di Indonesia pengguna HP terbanyak adalah di kalangan anak muda (eitt... jangan salah, anak muda bahkan bisa punya HP lebih dari satu!). Tentunya kamu juga tidak mau kan setelah lewat dari 10 tahun, kamu akan lebih mudah terkena atau lebih berpotensi terkena kanker dan tumor!

Caranya... adalah dengan memperhatikan penggunaan HP secara wajar dan tidak berlebihan. Pada beberapa negara maju di dunia, WHO (dan rekomendasi dari European Community for environmental risk) bahlan telah merekomendasikan prinsip pencegahan (precautionary principle) terhadap penggunaan HP. Berikut adalah anjuran yang dapat TheYC simpulkan :

1. Minimalkan penggunaan HP
(Wah kalau ini sih bakal susah banget... malah cenderung tidak mungkin ;p)

2. Berbicaralah seefisien & sesingkat mungkin di HP
karena frekuensi bicara yang terllau lama akan dapat menimbulkan panas berlebihan yang dihasilkan dari HP, dan panas tersebut dapat memicu naiknya temperatur otak.

3. Minimalkan penggunaan HP pada anak kecil & balita
(eitss.. jangan salah, sekarang anak TK pun sudah dibekali HP lho!)

4. Gunakan hands-free & perangkat nirkabel (bluetooth) lainnya sebisa mungkin untuk mengurangi resiko radiasi

5. Selalu perhatikan informasi SAR (Spesific Absorption Rate) dari HP yang ingin kita beli. Pada level internasional, nilai SAR yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 2 W/kg
(informasi ini ada di buku petunjuk manual HP atau di web produsen HP masing-masing)

6. Jangan mempergunakan HP saat berkendara, baik sepeda motor maupun mobil. Pergunakanlah hands-free. Selain dapat mengurangi resiko kecelakaan, penggunaan HP saat berkendara juga dapat memicu naiknya nilai output daya (nilai SAR) karena HP bekerja lebih untuk mencari sinyal.

7. Sebisa mungkin jauhkan HP dari tubuh (baik pada saat dibawa pergi maupun pada saat tidak dipergunakan di rumah)

8. Matikan HP pada saat sedang tidak dipergunakan atau saat tidur
(toh SMS masih dapat dibaca keesokan harinya dan kamu juga gak mau kan waktu tidurmu jadi terganggu!) @theYC



Kamu musti lihat juga...

Everything About Mobile Blog | http://everythingaboutmobile.blogspot.com/2007/10/ten-highest-radiation-cell-phones.html

Wikipedia, the free encyclopedia - Mobile phone radiation and health | http:/

SAR Shield | Web yang berisikan informasi mengenai radiasi handphone, serta angka statistik mengenai tingkat radiasi SAR (Specific Absorption Rate)
http://www.sarshield.com/

Cell Phone Facts | Consumer information on wireless phones
http://www.fda.gov/cellphones/

Radiation Talk | Online archive for cell phones
http://www.radiationtalk.com/

Network World | Web berita online yang berisikan segala informasi yang perlu kamu tahu mengenai dunia jaringan
http://www.networkworld.com/

C Net Review | http://reviews.cnet.com/4520-6602_7-5020357-1.html


4 comments:

  1. you have put my blog address (http://everythingaboutmobile.blogspot.com) in your site in invisible form...remove it asap or else i will sue you!!!

    ReplyDelete
  2. Dear ajay rohera, we are terribly sorry for that. Actually we always and always put the source blog or web that we're compiling. It just that several weeks ago we change the template nad this make the source web/blog cannot be seen again. Now we have fixed the colour of the sources into black again (FYI none of us know how to modificate blogger template, we just do trial and error).

    As you can see, we have collected quite a lot information before we publish it. And we are thangking you for your information given in your blog. But again, if you still wish us to remove the information we have taken from your blog, then we will do so.

    Thx Ajay

    ReplyDelete
  3. Now it's fine that you have atleast shown my link but it would have been even better if you would have made this link clickable.

    ReplyDelete
  4. You can actually do click on the title just next before the link

    ReplyDelete