Jalan Sehat Menyehatkan Jiwa dan Raga


orning dunia, pagi ini (Minggu, 9 Desember 2007) theYC berjalan-jalan di Lapangan Puputan yang berada di pusat kota Denpasar. Kebetulan dua orang teman theYC menjadi host dalam acara 50 Tahun Pertamina, Dedikasi Bagimu Negeri yang menggelar jalan sehat bersama.


Acara berjalan lancar dan ramai. Peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan, mulai pemanasan bersama yang berupa senam aerobic, Jalan sehat yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit, hiburan (menyanyi dan tarian) hingga door prize. Peserta lumayan banyak, mulai dari keluarga (bapak, ibu dan anak-anak bahkan ada yang membawa serta bayi mereka), ada pula remaja.


Yaa, beberapa bulan belakangan ini acara jalan sehat seperti ini hampir rutin diselenggarakan oleh beberapa instansi maupun Perusahaan-perusahaan dalam rangka promo. Dilihat dari manfaatnya, acara ini sangat mendukung kesehatan jiwa dan raga sekaligus sebagai refreshing keluarga maupun antar teman. Sekali dalam seminggu sudah cukup untuk meluangkan waktu bersama untuk sekedar berjalan santai, selain bisa menyehatkan tubuh dan fikiran juga dapat mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Kebiasaan sehat ini sangat positif dan besar manfaatnya bagi kita, tak ada salahnya untuk dibuat agenda mingguan. Udara pagi yang segar memberikan oksigen yang cukup untuk menyegarkan kembali tubuh kita. Acara Jalan santai yang dilaksanakan di pagi hari juga akan membiasakan kita untuk bangun lebih pagi, efek bangun pagi sangat bagus untuk melatih kita memulai sesuatu sedini mungkin.


Selain acara Jalan sehat, beberapa kegiatan lainnya juga dilakukan oleh beberapa kelompok orang di lapangan Puputan ini. Misalnya, bermain sepak bola, skate board, jogging, ataupun sekedar nongkrong. Manfaat lapangan terbuka dan taman kota ini sangat besar bagi warga kota Denpasar, untuk itu perlu dioptimalkan penataannya. Sayangnya, kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya masih rendah. Terbukti masih sangat banyak sampah berserakan disekitar lapangan.

Hmm…, permasalahan mengenai sampah memang kompleks. Kita dapat mengatasinya dengan melakukan beberapa kebiasaan yang sederhana. Misalnya, membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, sekaligus memilah-milah sampah organik dan anorganik untuk mempermudah recycle sampah, mengurangi seminimal mungkin sesuatu yang akan menjadi sampah sehingga volume sampah dapat ditekan dan dikurangi. Kita semua bertanggung jawab untuk mengatasi permasalahan sampah disekitar kita. Mulai saja dari hal-hal yang sederhana dan mudah dilakukan, ^_^ have a nice sunday


No comments:

Post a Comment