Surprise... Surprise... di Asian Idol 2007!

Terdapat banyak kejutan kejutan yang terjadi malam penganugerahan (16/12/2007) Asian Idol 2007… yang mana sedikit lebih dari sekedar tidak terduga.

Kejutan 1: Kejutan pertama datang di awal. Result show ini – yang mana dikatakan sebagai show Asian idol pertama dan terbesar di dunia – ternyata dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Wow... sebenarnya, tidak diprediksikan seorang Presiden mau membuka sebuah acara dengan nilai komersil tinggi dibandingkan nilai politik atau kepemerintahannya. Tapi mungkin itulah alasan utama kenapa Presiden kita mau membuang buang waktunya melakukan pidato pembukaan pada acara ini, misi budaya yang terdapat di event ini.


Photobucket
Kejutan 2: Dan pemenangnya adalah… Hady Mirza! Ups… apakah ini juga termasuk kejutan juga? Kami pikir sih iya! Dia sebenarnya sih bukan taruhan yang dijagokan para juri. Kami dan begitu juga para juri lebih berekspektasi pada Mau atau Jacklyn atau Mike untuk menjadi juara. Tapi, akhirnya Hady lah yang memenangkan gelar juara. Seperti yang dikatakan oleh juri dari Singapura, Ken, mengatakan siapapun yang akan menjadi pemenangnya bukanlah penyanyi dalam arti memiliki teknis menyanyi tinggi, melainkan mereka yang mampu menarik hati penonton. Mungkin dapat juga dikatakan mereka yang mempunyai nilai komersil tinggi. Dan percaya atau tidak Hady Mirza memiliki semuanya (jelas saja iya kan?!). penampilan menarik, sedikit teknik menyanyi yang baik, menarik hati, sedikit penguasaan panggung yang baik, sebuah kombinasi sempurna yang dapat memukau para penonton.

Photobucket
Kejutan 3: Cukup mengejutkan pula bahwa Hady Mirza dapat memenangkan voting suara (dari segi jumlah), mengingat Singapura memiliki jumlah penduduk yang paling sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk Negara kontestan lainnya. Dapat diprediksi bahwa penonton dari luar Singapura juga memvoting untuk Hady – dalam jumlah yang banyak!

Ini juga membuktikan bahwa penonton Asia memiliki selera yang serupa. Yup, tanpaknya Idola kita belum melangkah sejauh American Idol. Mereka lebih mengidolakan kualitas dan teknik vocal yang baik, sedangkan pasar Asia lebih emngutamakan kombinasi dari ‘performa penampilan’ dan ‘wajah yang menawan hati’.

Photobucket
Kejutan 4: Asian Idol telah menjadi panggung expo budaya. Hal ini juga tercermin dari performance dari Mau Marcello yang menggunakan baju nasional Filipina, Agnes dengan pertunjukan semi Dayak nya, Phuong Vy dengan lagu khas Vietnam nya, dan Abijeet Shawant dengan lagu khas Indianya. Sebenarnya ada satu momen yang cukup membuat kami terpukau, yaitu saat Pipilita, juri dari Filipina, mengatakan bahwa ia memiliki mimpi bahwa Asian Idol sebagai suatu event yang benar-benar dapat mempersatukan Asia dengan keberagaman budayanya. Pemenangnya haruslah melakukan tur keliling Asia dan mempertunjukkan keragaman budaya Asia. Itu ide yang sangat brilian Ma’am. Ken, juri dari Singapura, juga mengatakan bahwa sudah saatnya Asia memiliki Idola kita sendiri dan figure penyanyi andalan kita sendiri.

Jadi, siapapun pemenangnya... semua sudah menjadi pemenang. Kita Asia adalah pemenangnya. Selamat! @theYC

No comments:

Post a Comment