Nothing is Impossible in the World

Hay friends, hari Sabtu sore tanggal 8 Desember 2007, theYC mendapat kesempatan menghadiri weekend seminar yang diadakan oleh John Robert Power Denpasar, Bali. Tema seminar yang diangkat adalah “Nothing is Impossible”, make your dreams come true, yang dibawakan oleh pembicara tunggal Ibu Indayati Oetomo yang merupakan mentor di John Robert Power (klik www.johnrobertpowers.com atau www.jrpindonesia.com)

Banyak formula untuk sukses dan percaya diri yang diberikan oleh Ibu Indayati Oetomo. Namun, basically semua itu tergantung pada “kita” nya. Acara ini dibuka oleh pertanyaan dari Ibu Indayati Oetomo tentang expextation on 2008, dan juga sudah harus diputuskan pula when, how and what strategy to make it come true?!!

Friends,
sebentar lagi kita sudah dipenghujung tahun 2007 lho… fiuuh, times goes on with or without us. Maksudnya, waktu bakalan terus berputar sesuai kodrat alam, entah kita mau peduli atau nggak…!! So, apa uda pada punya planning buat menyambut tahun baru 2008?? Mau pesta seperti apa? Barbeque? Kembang api? Api unggun? Or what..?? atau mungkin dengan menyepi? Introspeksi diri? Merenung? Membuat planning dan expectation untuk tahun 2008? Membuat persiapan?

Ibu Indayati Oetomo berpendapat bahwa
“anak muda jaman sekarang pengennya yang instant melulu, gak ada yang suka bersusah payah menghadapi tantangan…!”
Yang merasa sebagai anak muda ataupun yang berjiwa muda tentunya akan tersindir, karena yaa that’s true. Kita terbuai oleh berbagai kemudahan dan kenyamanan sehingga mindset yang terbentuk adalah menciptakan dan menemukan “shortcut-shortcut” yang akan memudahkan kita menghadapi berbagai hiruk pikuk dunia. Ada benarnya juga kok, sisi baiknya hal ini akan membuat efisiensi dan efektivitas, tapi pada realisasinya kita menjadi dimanjakan dan berfikiran kerdil, ini menjadikan kita sebagai orang-orang yang cerdik (tanda kutip ya) bukannya smart.

Yaah, nothing is impossible in the world…!! Kenapa gak percaya kalo kita pun bisa melakukan apapun dan mewujudkan apapun impian kita…??? Why not..??!! gak percaya…?? Ada orang lain yang sudah mewujudkan impian-impian mereka, bahkan impian yang tidak biasa sekalipun, so why we can’t? ada orang lain pula yang percaya bahwa kita bisa mewujudkan apapun impian kita, kenapa kita masih gak percaya dengan diri kita sendiri…? Ada sebuah kutipan yang menarik,
“There’s no such thing as unattractive people… only people who don’t know how to make the most themselves”
Well, kita hanya harus membuat keputusan dan merancang kehidupan kita, then makes our dreams coming true…!! Yang harus belajar dan senantiasa berbenah diri bukan hanya kamu, dia atau mereka, tapi juga aku…kita semua!! Satu orang bisa membuat perubahan pada dunia…, nggak ada salahnya mencoba sesuatu. Paling tidak dengan mencoba kita sudah membuat 50% kemungkinan untuk sukses dan 50% lagi kemungkinan untuk gagal. Sedangkan, kalau kita tidak mencoba apapun maka kita akan mendapatkan kegagalan mutlak 100%. Asalkan kita bisa tetap focus pada apa yang ingin kita raih, maka sekali lagi seperti tema seminar ini “Nothing is Impossible”.

Ibu Indayati Oetomo membuat formula 6D untuk meraih kesuksesan, tapi sebelumnya beliau menegaskan pula makna “sukses” sangat relatif karena menyangkut kepuasan batin tiap-tiap orang.

1. Dream

Ini adalah point utama dan pertama yang harus kita tentukan/putuskan, dream adalah modal awal kita untuk meraih sukses. Kita perlu sharing dan brainstorming dengan orang lain (keluarga, saudara, teman, partner, ataupun mentor/leader kita) yang nantinya akan mengingatkan kita akan impian-impian kita, dan juga untuk mendapatkan feedback (saran, kritik dan strategy).

2. Decision

Orang yang mempunyai impian berbeda dengan seorang pemimpi. Karena kita pun harus membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan (pada diri sendiri), yang harus disertai dengan action/tindakan. Sehebat apapun impian kita, sebagus apapun ide kita tapi tanpa action maka hanya akan sia-sia, useless, mubazir, basi, nothing, atau apalah istilahnya.

3. Difficulty

Ini bukan halangan/rintangan… tapi tantangan!! So jangan keburu pesimis dan menyerah apabila kita menemui difficulty. Ada istilah bahwa “life is a game”, selalu ada tantangan yang membuat kita tambah penasaran dan semakin getol menyelesaikan games tersebut, dan hukum dalam sebuah games adalah must be fun bukannya malah membuat kita tambah stress.

4. Determination

Ini adalah sikap fokus dan keteguhan hati kita, jangan mengharapkan sesuatu dengan instant dan gampang. Semua hal membutuhkan proses, this is the important part before success. Ibu Indayati Oetomo mengingatkan kembali agar kita sering menambah bahan bakar semangat kita dengan mengingat kembali goal/dreams kita, membaca buku biografi orang-orang sukses (tekankan pada memahami proses dalam meraih kesuksesan, bukan final result-nya), mengikuti seminar, konsultasi. Sebisa mungkin kita harus bisa Bounching back all the time, bukannya menyerah dan memutuskan untuk berhenti.

5. Delay

Ibu Indayati Oetomo pun mengingatkan, walau bagaimanapun, kesuksesan kita juga bergantung pada yang Maha Menentukan. So, ada saat-saat dimana keinginan dan dreams kita di delay/pending. Tapi hal ini bukan berarti di-cancel lho…!!

6. Delivery

Naah, kesuksesan pun mempunyai waktu, akan ada saat dimana kerja keras kita membuahkan hasil. So what we can do is just do the best that we can do…. ^_^

Friends,
sukses bukan milik orang-orang kaya /bangsawan /entrepreneur /orang-orang yang cukup umur (dewasa). Kita sebagai anak muda sudah harus men-setting goal kita baik jangka panjang maupun jangka pendek. Sukses gak bakal nunggu kita lulus sekolah atau kuliah, atau setelah kita mendapatkan pekerjaan, atau setelah kita menemukan wangsit maupun lampu aladin. Sukses tergantung kita-nya. Kitapun harus berdamai dengan masa lalu, kita harus berani menghadapi masa depan kita. Tapi jangan lupa pula bahwa baik masa lalu maupun masa depan ditentukan oleh saat ini.

Pada session Tanya jawab di seminar ini, ada satu pernyataan yang menarik dari seorang audiens, yaitu
“if you are stress, so must to have a SEX”
Hey, SEX disini adalah akronim dari Sleep, Eat, eXercise (makanya jangan piktor mlulu donk). Hmm, that’s right… pada saat stress kita perlu oksigen yang cukup maka kita perlu tidur yang berkualitas dan cukup. Kita juga membutuhkan nutrisi yang mendukung tubuh untuk fresh kembali. Dan kita bisa melatih pikiran kita untuk lebih kreatif dan smart dalam menghadapi suatu problem. Ibu Indayati Oetomo mengingatkan untuk menggunakan prinsip labirin dalam memecahkan masalah. Maknanya, kita jangan pernah menyerah meski kita menemukan Jalan buntu berkali-kali karena akan selalu ada Jalan keluar yang mungkin belum terlihat. @theYC

No comments:

Post a Comment