130 siswa SMAN 6 Denpasar raih nilai sempurna Matematika

Setelah sempat ditunda, akhirnya 272 siswa kelas III SMAN 6 Denpasar dinyatakan lulus 100 persen. Berita ini langsung disambut gembira siswa, guru dan Kepala SMAN 6 Denpasar, Drs. I Made Wigama, M.Si.

Bukan itu saja, prestasi luar biasa juga ditemukan di sekolah ini. Tercatat 130 siswa kelas III mengukir nilai sempurna (10) pada pelajaran Matematika. Sedangkan 72 siswa meraih nilai 10 pada mata pelajaran Kimia. Dua materi ini dinilai oleh siswa sebagai mata uji yang menakutkan.

Sebelumnya memang ada penundaan pengumuman kelulusan sejumlah siswa akibat kerancuan data di pusat. Akhirnya Depdiknas mengeluarkan data terbaru yang menyatakan semua siswa di sekolah ini lulus 100 persen. 'Kami ikut bangga karena perjuangan siswa dalam belajar dan ketekunan guru mengajar membuahkan hasil.

Dikatakan Wigama, wajar siswanya lulus 100 persen karena sekolah ini menerapkan pola pembinaan pendidikan tiga tahun plus. Artinya, pagi siswa harus penuh mendapatkan pengajaran dari guru, sore harinya ditambah les mata pelajaran yang di-UN-kan. Inilah yang ia sebut sebagai PBM tiga tahun plus. Kenyataannya, pola ini, kata dia, membuahkan hasil dengan sukses lulus 100 persen.

Sukses besar ini menurut Wigama akan berimbas pada siswa kelas II dan III sekarang untuk memacu diri belajar lebih tekun dan mengutamakan tugas belajar.

Ia juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada orangtua siswa dan komite yang mendukung anak belajar dan menyiapkan fasilitas belajar. Ke depan, ini merupakan tantangan untuk mempertahankan prestasi ini. Dengan pembelajaran guru yang inovatif dan komitmen kebersamaan ia yakin prestasi ini menjadi budaya tiap tahun.

Wakasek Kurikulum SMAN 6 Denpasar, Drs. Nyoman Mudita, M.Pd., menambahkan dari 79 yang diterima lewat PMDK, Komang Citra Trianiputri diterima di Fakultas Kedokteran Unud dan Cahya Adhi Putra diterima di PS Matematika, Undiksha.

Pada UN kali ini nilai tertinggi diraih I Made Agus Suryawan (IPA) dengan nilai 57,55 dan Cicilia Freditya Niken Ayu Nawangsih (IPS) dengan nilai 53,15. Jika dijabarkan lebih detail nilai rata-rata untuk IPA 9,01 dan untuk IPS 8,41.

Nyoman Mudita mengatakan selain sukses dibina di sekolah siswa juga dibantu lewat bimbingan belajar di luar sekolah

Sumber [Bali Post]

No comments:

Post a Comment