Gelombang III, Kedokteran Unwar Jaring 20 Mahasiswa

Walaupun dibuka perdana, hingga hasil seleksi gelombang I dan II Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Univ. Warmadewa (Unwar) Denpasar sudah menjaring 37 mahasiswa. Pada seleksi gelombang III akan dijaring lagi 20 mahasiswa baru.

Hal itu ditegaskan Ketua PSPD Unwar, Prof. Dr. Dewa Putu Wijana DAP & E, Sp.Park., didampingi sekretarisnya dr. I Gst. Ngr. Anom Murdhana, Selasa (16/6) kemarin. Pendaftaran gelombang III (terakhir) dimulai 15 Juni dan ditutup 23 Juni mendatang. Seleksi akan diadakan 26 dan 27 Juni serta pengumuman seleksi dilakukan 5 Juli 2009. Pengumuman hasil seleksi sengaja dilakukan sebelum pengumuman SPMB di PTN untuk memberi ruang bagi lulusan SMA bersaing sehat di Kedokteran Unwar.

Dewa Putu Wijana mengugkapkan pihaknya membengkakkan kapasitas di gelombang III ini bukan karena PSPD sulit mencari mahasiswa melainkan sengaja diformat sejak awal agar diperoleh input yang berkualitas. Makanya di seleksi gelombang III yang dulu hanya ditargetkan 10 mahasiswa, kini menjadi 20 mahasiswa. Hal ini juga untuk mengantisipasi peserta yang telah lulus seleksi sebelumnya hijrah ke PTN.

Ia menegaskan kapasitas PSPD Unwar maksimal 56 mahasiswa. Karena itu pada seleksi terakhir ini diharapkan pesertanya lebih banyak karena peluang yang diperebutkan juga makin banyak.

Ia membandingkan kelulusan seleksi FK Unud saat ini 1 : 10, sementara di PSPD Unwar hanya 15 persen alias 1: 7. Ini artinya terjadi persaingan yang sangat kompetitif sebagai tanda awal bahwa pendidikan ini akan berlangsung dengan berkualitas.

Gst. Ngr. Anom Murdhana menambahkan bagi peserta yang tak lulus pada seleksi I dan II saat mendaftar ikut seleksi gelombang III ini tetap diberikan diskon Rp 250.000. Ia menegaskan bobot dan format tesnya sama, tapi soalnya berbeda karena disetarakan dengan Unud.

Calon mahasiswa baru yang mendaftar pada gelombang III hingga Selasa kemarin, kata Gst. Ngr. Anom Murdhana, sudah 22 peserta. Ia memperkirakan jumlah peserta di tahap terakhir ini berkisar 100-150 orang. Ia berharap lulusan SMA yang ingin menjadi dokter memanfaatkan kesempatan terakhir ini.

Sumber [Bali Post]

No comments:

Post a Comment