2 program studi Fak Brahma Widya IHDN Denpasar raih B gemuk

Dua Program Studi (Prodi) masing-masing Filsafat Agama Hindu dan Prodi Teologi Hindu Fakultas Brahma Widya Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar sama-sama terakreditasi dengan nilai B gemuk. Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.010/BAN-PT/Ak-XII/S1/V/2009 tertanggal 23 Mei 2009, Prodi Filsafat Agama Hindu memperoleh nilai 355. Sedangkan berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.008/BAN-PT/Ak-XII/S1/V/2009 tertanggal 15 Mei 2009, Teologi Hindu mendapat nilai 356. Perolehan nilai yang cukup membanggakan itu berkat kerja keras semua pihak.

Demikian dikatakan Dekan Fakultas Brahma Widya IHDN Denpasar Prof. Dr. Made Titib didampingi Kejur Teologi Hindu I Ketut Gunarta, M.Ag. dan Kejur Filsafat Timur Drs. I Wayan Gata, M.Pd. di sela-sela seminar internasional yang digelar Fakultas Brahma Widya, Selasa (16/6) kemarin.

Kata Prof. Titib, mesti dimaklumi bahwa Brahma Widya itu poros dari ilmu agama Hindu. Karena poros, ada yang menyarankan agar ke depan IHDN ini menjadi universitas -- namanya Universitas Brahma Widya -- yang di dalamnya ada bermacam-macam aspek. Fakultas Brahma Widya IHDN Denpasar tak hanya mencetak lulusan yang ahli teologi dan filsafat. Para lulusannya juga berpeluang menjadi guru agama Hindu. Sebab, ke depan semua prodi di IHDN mendapat program kependidikan setara akta IV. Dengan demikian para lulusannya bisa menjadi guru.

Kuliah di Fakultas Brahma Widya juga disediakan beasiswa. Ketut Gunarta menambahkan, hampir 100 persen mahasiswa Brahma Widya mendapat beasiswa.

Lanjut Titib, nilai B yang diraih oleh dua prodi tersebut ke depan diharapkan bisa ditingkatkan. 'Melalui kerja keras semua pihak, diharapkan minimal nilai itu bisa dipertahankan dan bahkan kalau bisa ditingkatkan menjadi A,' katanya sembari mengatakan, saat ini hampir semua dosen Brahma Widya telah berkualifikasi S-2. Membanggakan, saat ini ada sejumlah dosen perempuan yang sedang mengikuti program S-3.

Sementara seminar internasional tersebut menghadirkan narasumber ahli astrologi dan filosoper dari India D.N. Acharya Swamui, mengetengahkan tema 'Man, Mind and Consciousness'. Seminar yang diikuti para dosen dan mahasiswa IHDN Denpasar itu dibuka PR I IHDN Denpasar Drs. Wayan Mudana, M.Pd.

Sumber [Bali Post]

No comments:

Post a Comment