Isi waktu liburan, Kantor Dep Agama Klungkung laksanakan Pesraman Kilat bagi remaja Klungkung

Dalam mengisi waktu liburan panjang sekolah, Kantor Departemen Agama Kabupaten Klungkung melaksanakan Pasraman Kilat bagi siswa SD, SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Klungkung. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kakanwil Depag Provinsi Bali Drs. IGAK Suthayasa, M.Si. bertempat di Pura Dalem Kecamatan Dawan, Klungkung.

Kakandepag Kabupaten Klungkung Dra. Ni Nengah Rustini, M.Ag. selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini lebih menekankan pada pembinaan budi pekerti anak, terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini. Di mana para siswa dihadapkan oleh berbagai dilema yang mengarah pada degradasi moral seperti kenakalan remaja, miras dan narkoba.

Ia mengatakan kegiatan pasraman kilat yang berlangsung selama tiga hari dari 15 s.d. 17 Juni 2009 menyasar di 15 lokasi yaitu 6 lokasi tingkat SD, 5 lokasi tingkat SMP dan 4 lokasi tingkat SMA/SMK yang pembukaannya dipusatkan di Pura Dalem Kecamatan Dawan, Klungkung.

Acara pembukaan diawali dengan persembahyangan bersama. Hadir pada acara pembukaan tersebut yakni Kakanwil Depag Provinsi Bali IGAK Suthayasa didampingi Kasubag Hukmas IK & FKUB I Nyoman Arya, S.Ag., guru-guru agama Hindu, Kepala Dinas Pendidikan Klungkung dan UPDT Kecamatan Dawan Klungkung dan Banjarankan.

Dalam sambutannya, Kakanwil Depag Provinsi Bali menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, karena dengan kegiatan pasraman para siswa akan bisa memadukan teori-teori yang didapat di sekolah dengan 2 jam pelajaran pendidikan agama Hindu yang cukup singkat dengan praktik yang didapat di pasraman kilat. Karena di dalam kegiatan pasraman ini mencakup tiga aspek penting yaitu pendalaman tatwa, etika dan praktik upacara.

Selain itu, juga ditambah dengan praktik yoga sehingga dapat bersinergi antara teori dan praktik agama untuk menghasilkan insan agama yang suputra sadhu gunawan.

Sumber [Bali Post]

No comments:

Post a Comment