Diakreditasi, PS Pramuwisata Budaya Agama Hindu IHDN Denpasar

Program Studi (PS) D-3 Pramuwisata Budaya Agama Hindu, Fakultas Dharma Duta, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi tersebut dilakukan oleh dua orang asesor dari BAN PT yakni Drs. Maman Lukman Supardi, M.Pd. dan Drs. I Made Suparta, M.Hum. selama lima hari, 14-17 Juni 2009 lalu. Dengan telah diakreditasi, berarti lembaga ini telah diandalkan mencetak SDM di bidang pramuwisata yang profesional dan beretika.

Hal itu dikatakan Dekan Fakultas Dharma Duta IHDN Denpasar Drs. I Made Surada, M.A. didampingi Ketua Jurusan I Wayan Suwadnyana, S.Ag. dan Ketua Program Studi Pramuwisata Budaya Agama Hindu Drs. I Ketut Sumadi, M.Par., Kamis (18/6) kemarin.

Menurut tim akreditasi, IHDN Denpasar merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mengelola program studi pramuwisata budaya agama Hindu. Karena itu, IHDN diharapkan mampu menjadi contoh dalam mencetak pramuwisata yang profesional, beretika, memahami seni budaya dan agama Hindu. 'IHDN Denpasar nantinya diharapkan mampu mencetak pramuwisata budaya agama Hindu yang setara dengan kelas dunia. Karena itu perlu dukungan semua pihak,' kata Sumadi menambahkan.

Surada menambahkan, mahasiswa baru yang kuliah di PS Pramuwisata Budaya Agama Hindu akan disediakan beasiswa. 'Sesuai daya tampung, tahun akademik 2009/2010 ini kami menerima 30 mahasiswa PS Pramuwisata Budaya Agama Hindu. Mereka akan kami sediakan beasiswa,' ujarnya.

Dikatakannya, peluang kerja menjadi pramuwisata sangat terbuka lebar bagi generasi muda Bali. Banyak biro perjalanan wisata di Bali masih kesulitan mendapatkan pramuwisata yang memahami dengan baik tradisi, budaya dan aktivitas keberagamaan Hindu yang menjadi daya tarik wisata.

Rektor IHDN Denpasar Drs. I Gede Rudia Adiputra, M.Ag. membenarkan peluang kerja di bidang pramuwisata sangat besar yang selama ini belum dapat dipenuhi dengan baik. Peluang ini mesti direbut oleh krama Bali agar tak terpinggirkan dalam perkembangan pariwisata.

Lulusan PS Pramuwisata Budaya Agama Hindu IHDN memiliki peluang besar untuk itu karena mereka memahami betul budaya dan agama Hindu. Apalagi IHDN telah menjadi anggota Asita dan mendapat dukungan dari DPD HPI Bali, Dinas Pariwisata Bali dan sebagainya

Sumber [Bali Post]

No comments:

Post a Comment