Mahasiswa Fikom Dwijendra terjun pantau terus PKB 2009

Penonton PKB jangan kaget kalau ada yang mengacungkan corong untuk diwawancarai. Mereka adalah mahasiswa Fak. Ilmu Komunikasi (Fikom) Univ. Dwijendra (Undwi) yang ditugaskan selama sebulan memantau PKB.

Ide ini datang dari Dekan Fikom Undwi Dra. Ida Ayu Ratna Wesnawati, M.M., yang benar-benar mengelola fakultas ini secara profesional. Kompetensi mahasiswanya terus digenjot agar tak canggung lagi berada di dunia kerja.

Untuk menbekali kompetensi itu, 33 mahasiswa Fikom Undwi diterjunkan memantau pelaksanaan PKB. Mereka, kata Ida Ayu Ratna Wesnawati, diterjunkan sejak pawai pembukaan hingga berakhirnya PKB ke-31, 11 Juli mendatang.

Ini mungkin pertama kali dalam sejarah PKB, dipantau oleh kalangan mahasiswa. Itu pas dengan kompetensi yang akan dibentuk agar menjadi lulusan Fikom yang profesional di bidangnya. Selama pemantauan, katanya, mahasiswa menyebarkan kuisioner untuk mengetahui respons masyarakat/penonton sekitar mutu, kelemahan dan kelebihan agenda PKB. Mahasiswa juga melakukan peliputan kegiatan PKB, mengkritisi kelemahan PKB seperti pawai pembukaan, sarasehan, pergelaran dan hal-hal kecil menyangkut PKB.

Ida Ayu Ratna Wesnawati yang juga memiliki Media Wacth mengungkapkan mahasiswa sengaja diterjunkan selama PKB sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang diperoleh di bangku kuliah. Mereka mempraktikkan bagaimana teknik wawancara, menggunakan kamera, meliput sebuah pertunjukan dan sarasehan serta mengamati secara kritis masalah yang muncul di PKB.

Mahasiswa juga memantau soal toilet di PKB, kebersihan, perilaku penonton dan kesiapan panitia. Hasil pemantauan ini, kata dia, akan disampaikan kepada Panitia PKB sebagai masukan untuk pelaksanaan PKB ke depan.

Ketua Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar Drs. Ida Bagus Gede Wiyana menegaskan kegiatan yang dipantau mencakup lima kegiatan pokok PKB yakni penilaian masyarakat terhadap pelaksanaan pawai, pameran, pergelaran, lomba dan parade. Termasuk stan kuliner masakan khas Bali dan penilaian masyarakat terhadap pelaksanaan sarasehan. Mahasiswa yang ditugaskan untuk melakukan pemantauan tampak sangat antusias melaksanakan tugas.

Sumber [Bali Post]

No comments:

Post a Comment