Program perdana Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Poltek Negeri Bali akhirnya diwisuda

Direktur Politeknik Negeri Bali (PNB) Ir. Putu Dana Pariawan Salain, M.Sc., MIHT. Senin (15/6) kemarin mewisuda 162 lulusan perdana program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Jurusan Teknik Elektro PS Manajemen Informatika dan D-3 Teknik Komputer dan Jaringan.

Mereka ini hasil seleksi ketat dari peserta awal 258 orang. Setelah melewati masa pendidikan dengan standar mutu, hanya 162 yang menyelesaikan pendidikan ini. Mereka terdiri atas Jembrana 17 orang, Tabanan (25), Buleleng (30), Badung (11), Denpasar (28), Gianyar (24), Bangli (9), Klungkung (3) dan Karangasem (15).

Selain karena faktor kualitas, peserta yang gugur karena tak disiplin menjalankan perkuliahan dan sedikitnya minat dalam TI. Makanya PNB, kata Dana Pariawan Salain, tak mau main-main dalam mengelola program ini.

Ia mengatakan, angkatan kedua program ini masih kuliah. Namun tahun ini pemerintah pusat menyetop program ini sehingga dikhawatirkan tak berkelanjutan. Dana Pariawan Salain mengharapkan Pemprov Bali, pemkab/pemkot di Bali terketuk hatinya untuk membiayai program strategis ini menyiapkan SDM Bali yang andal dalam TI dan jejaring.

Butkinya, semua lulusan PJJ ini sudah ditampung di sekolah, pemda dan diknas di daerah masing-masing dengan sistem kontrak.

Ditanya soal kecilnya gaji, ia mengatakan mereka digaji Rp 400 ribu/bulan. Diharapkan pemkot/pemkab ikut menanggulangi kekurangan tersebut sehingga mereka menjadi SDM yang benar-benar andal dan sejahtera. Apalagi selama kuliah, mahasiswa program ini selain digratiskan dari biaya pendidikan juga mendapatkan uang saku dari pemerintah pusat.

PNB sebagai pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vocational sangat berkepentingan SDM Bali banyak terbentuk di program ini. Ini sesuai dengan misi PNB untuk menghasilkan tenaga andal berorientasi pada kebutuhan pasar. Mengedepankan pendidikan dan pelatihan teknologi terapan. Semua ini diarahkan untuk pengembangan kualitas, relevansi dan daya saing lulusan perguruan tinggi.

Tampil sebagai lulusan terbaik I, II dan III masing-masing Putu Agus Junaedy Saputra (3,81), Wayan Eka Putra Kunindra Jaya (3,74) dan Putu Eka Juliartha (3,71)

Sumber [Bali Post]

No comments:

Post a Comment