Rektor UNDWI genjot penelitian Mahasiswa dan Dosen

Rektor Universitas Dwijendra (Undwi) Denpasar I Ketut Wirawan, S.H., M.Hum., mulai menggenjot kreativitas penelitian mahasiswa dan dosen. Usai membuka pelatihan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa, Kamis (18/6) kemarin, ia menegaskan para dosen juga 'dipaksa' menghasilkan penelitian.

Pelatihan yang dirangkaikan pelantikan pengurus UKM Undwi kemarin juga dihadiri Ketua Yayasan Dwijendra Pusat Drs. Ida Bagus Gede Wiyana, Wakil Ketua Yayasan Drs. Made S. Candrajaya, M.Hum. dan para dekan di lingkungan Undwi. Hadir pula PR III Unud Prof. Dr. Ir. Nyoman Sutjipta, M.S., sebagai narasumber. I Ketut Wirawan menegaskan dengan pelatihan karya tulis ilmiah ini ia berharap mahasiswa Undwi akan menghasilkan proposal yang bisa diajukan ke Dikti untuk memenangkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Para dosen ia katakan wajib hukumnya menghasilkan satu karya penelitian yang bisa dipublikasikan tiap semester. Artinya, penelitiannya bermanfaat bagi masyarakat. Ketentuan ini adalah syarat berat mengikuti akreditasi institusi dan kenaikan pangkat.

Dikatakannya, penelitian dosen tersebut bisa dalam bentuk kerja sama atau penelitian mandiri. Yang penting hasilnya bermanfaat untuk masyarakat. 'Jika tak mampu, rektor boleh tak menandatangani DP3 para dosen,' ujarnya. Ia menegaskan pelatihan karya tulis ilmiah ini implementasi dari Tri Darma PT. Pelatihan juga bermanfaat untuk menyelesaikan tugas akhir serta media menggali ide-ide baru dalam iptek dan seni.

Pada acara itu Rektor Undwi juga melantik 11 ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Ia mengatakan UKM di Undwi bukan hanya ada, namun harus berfungsi sebagai media penyaluran bakat dan minat mahasiswa, meningkatkan penalaran mahasiswa serta meningkatkan kesejahteraan mahasiswa. Mahasiswa Fikom Undwi saat ini ikut memantau pelaksanaan PKB yang perlu ditiru oleh mahasiswa fakultas lainya baik di Pertanian, Teknik dan FKIP. Bila perlu mahasiswa FT Undwi terjun ke desa mendata dan menata lingkungan desa dan parahyangan.

Sementara itu, PR III Undwi Drs. Ida Bagus Rai, M.Si. mengatakan prestasi UKM Undwi sudah dibuktikan di Bali dan regional. Bahkan dalam forum karya ilmiah dan BEM, mahasiswa Undwi pernah meraih terbaik nasional dan diperhitungkan oleh PTS lain. Untuk penelitian, ia setuju perlu digenjot lebih tajam lagi guna menghasilkan peneliti muda yang andal.

Sumber [Bali Post]

No comments:

Post a Comment